Peserta AKI 2022 pun merasakan berbagai dampak positif dari pelatihan yang diberikan oleh Shopee dan ShopeePay, mulai dari peningkatan literasi platform digital hingga soft dan hard skills yang bermanfaat untuk pengembangan toko online mereka di Shopee.
Selain menerima pelatihan, pegiat UMKM pun dapat memanfaatkan program pemasaran online “Shopee Pilih Lokal”, kanal khusus yang Shopee hadirkan untuk menyoroti produk lokal unggulan. Kanal ini dapat mendukung pemasaran produk pegiat UMKM lokal dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Seperti yang dirasakan oleh Bryan Santoso, pemilik usaha minuman kesehatan Lemonih.id yang juga merupakan Penjual di Shopee.
Menurutnya, pelatihan yang diselenggarakan oleh Shopee dan Kemenparekraf di rangkaian acara AKI 2022 Kota Yogyakarta telah memberikan perkembangan positif bagi usahanya. Sejak 2019, Bryan telah bergabung di Shopee. Bagi Bryan, fitur-fitur yang ada di e-commerce ini telah memudahkan Lemonih.id untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen akan produk Lemonih.id sebagai minuman sehat alami.
“Aplikasi Shopee itu user friendly untuk seller dan juga buyer. Promosi iklan yang dapat diukur serta testimoni organik dari buyer juga sangat membantu saya untuk mengembangkan usaha. Dari yang awalnya terjual 70 botol per bulan, setelah optimal di Shopee dan media sosial menjadi lebih dari 70 botol per hari,” ungkap Bryan.
Selain promosi iklan, Lemonih.id juga memanfaatkan berbagai program kampanye di Shopee seperti Gratis Ongkir Xtra, Cash Back Xtra, harga coret, dan Murah Lebay. “Program ini sangat berpengaruh pada traffic buyer saya, terbukti ramai kalau saya ikut program-program ini,” jelas Bryan.
Dia berharap pelatihan dari Shopee dan AKI 2022 ini dapat semakin memperluas jangkauan konsumen sehingga ke depannya omzet yang didapat juga terus meningkat.
AKI merupakan program inisiasi Kemenparekraf yang telah dimulai sejak tahun 2021 untuk mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia di berbagai sektor ekonomi termasuk ekonomi kreatif, serta mengapresiasi pencapaian UMKM dan meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap produk UMKM lokal di daerahnya.
Tahun ini, rangkaian acara AKI 2022 terdiri dari penilaian calon peserta AKI 2022 oleh kurator profesional, temu sapa virtual peserta AKI 2022 terpilih dengan calon mentor dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kelas mentoring peserta AKI, pameran produk dan pertunjukan karya peserta AKI, serta festival nasional yang diikuti peserta terpilih dari tiap kota.
Editor : EldeJoyosemito