get app
inews
Aa
Read Next : Harga Tiket Bus Lebaran Jakarta-Purbalingga, Jadwal Berangkat dan Cara Pesan Online

Melihat Bibit Kawit, Mobil Pertama PO Rosalia Indah yang Melahirkan Ratusan Bus Mewah

Minggu, 03 Juli 2022 | 21:57 WIB
header img
Armada pertama PO bus Rosalia Indah adalah Mitsubishi Colt "Bibit Kawit" melayani trayek Surakarta (Solo)–Blitar. (Foto: Rosalia Indah/Tangkapan Layar PerpalZ TV)

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah dikenal sebagai PO bus yang melayani angkutan premium. Tapi, taukah Anda jika PO Bus ini dibangun dari nol, dari keluarga tidak mampu yang bekerja keras, hingga akhirnya memiliki ratusan bus mewah.

Dia adalah Yustinus Soeroso, pendiri Po Bus Rosalia indah mulai dari nol. Ketekuanan pria yang akrab disapa Pak Roso ini hingga menjadi sultan dengan memiliki ratusan bus mewah dapat menjadi inspirasi.

Berawal pada tahun 1983, Soeroso memiliki ide melayani penumpang yang baru turun dari bus Sumatera ke Jawa. Karena pada saat itu, tak ada angkutan terusan yang mengantarkan para penumpang ke masing-masing daerah tujuan. 

"Saya inisiatif kredit kendaraan sendiri, dinaikkkan travel. Ternyata bagus, pada 1984 bertambah dua unit," ujar ayah tiga anak ini dilansir dari kanal YouTube PerpalZ TV.

Dengan dibantu sang istri Yustina Rahyuni, Soeroso mengoperasikan dan mengelola layanan travel dengan armada pertamanya, Mitsubishi Colt "Bibit Kawit" yang melayani trayek Surakarta (Solo)–Blitar. Kemudian mengembangkan trayek melayani Yogyakarta–Surabaya, dan Yogyakarta–Blitar/Malang.

Hingga pada tahun 1987, dia mulai mengembangkan usahanya dengan merambah layanan angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dengan mengoperasikan armada bus Rosalia Indah. 

"Kenapa namanya Rosalia. Saya tidak banyak berpikir panjang, karena di hadapan anak saya nomor satu namanya Ana Rosalia. Saya ambil nama Rosalia (Dikasih Indah di belakangnnya)," katanya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut