get app
inews
Aa Read Next : Sederet Amalan Sunah di Hari Jumat, Menambah Pahala Jika Dikerjakan

4 Kejadian Penting dan Besar Terjadi Pada Hari Jumat

Jum'at, 15 Juli 2022 | 06:21 WIB
header img
Hari Jumat banyak kejadian atau peristiwa penting yang terjadi pada hari itu. Salah satunya hari kiamat. (Foto: ilustrasi/Pixebay)

2. Semua makhluk diciptakan, langit, bumi, surga, dan neraka menjadi sempurna

Imam Ibnu kasir dalam tafsirnya menjelaskan, "Dan pada hari itulah semua makhluk menjadi sempurna yaitu hari keenam di mana Allah menciptakan langit dan bumi di dalamnya. Hari keenam adalah hari Jumat, karena kalender Islam memulai menghitung hari dari hari Minggu, bukan dari hari Senin seperti kalender masehi."

Selain itu dalam riwayat hadis lainnya juga disebutkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhannya. Pada hari Jumat Allah menciptakan langit dan bumi, di hari itu juga Allah menyelesaikan ciptaan-Nya, dan di hari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka." (HR Abu Syaikh)

3. Hari terjadinya kiamat

Allah Subhanahu wa ta'ala telah menentukan hari kiamat yakni terjadi pada Jumat. Sebagaimana firman-Nya:

يَسْـَٔلُكَ ٱلنَّاسُ عَنِ ٱلسَّاعَةِ ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ ۚ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ ٱلسَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

Artinya: "Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: 'Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah.' Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya." (QS Al Ahzab: 63)

Ayat ini dengan jelas menerangkan kapan terjadinya kiamat hanya Allah Subhanahu wa ta'ala yang tahu. Akan tetapi, Allah Ta'ala juga yang memberi tahu bahwa kiamat akan terjadi pada hari Jumat melalui Rasul-Nya.

Rasullullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Kiamat tidak akan terjadi, kecuali hari Jumat." (HR Imam Ahmad, Muslim dan At Thirmidzi)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut