get app
inews
Aa Read Next : Doa Awal Ramadhan Sesuai Sunnah, Lengkap Beserta Arab, Latin dan Artinya

Doa Tahlil Yasin Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Kamis, 21 Juli 2022 | 17:34 WIB
header img
Doa Tahlil Yasin sering dibaca sebagian besar muslim di Tanah Air dan merupakan amalan untuk mendoakan arwah dengan menghadiahkan pahala (Foto: ist)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Doa Tahlil Yasin sering dibaca sebagian besar muslim di Tanah Air dan merupakan amalan untuk mendoakan arwah dengan menghadiahkan pahala. Lazimnya, membaca doa Tahlil dan Yasin dilakukan setelah maghrib.

Membaca doa Tahlil Yasin di malam Jumat merupakan salah satu amalan baik yang bernilai pahala. Bagi sebagian masyarakat muslim di Indonesia, khususnya warga Nahdliyin, membaca surat Yasin yang diikuti dengan tahlil dihadiahkan kepada arwah orang tua maupun saudara yang telah mendahului ataupun ketika ada orang yang baru meninggal dunia. Hal ini dibolehkan dan pahalanya sampai kepada si mayit.

Seperti kita tahu, membaca surat Yasin dan tahlil merupakan amalan zikir dan doa ibadah yang rutin dilakukan Muslim setiap malam Jumat maupun ketika ada orang yang meninggal dunia. Surat Yasin memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Dengan membaca doa Tahlil Yasin diharapkan akan mendapat ampunan dosa dan ridha dari Allah SWT.

Doa Tahlil Yasin

Sebagian ulama mengatakan bahwa di antara khasiat surat Yasin yang dibacakan untuk orang meninggal sebagai penolong mayit agar mendapat ampunan dan keringanan siksa kubur. Selain itu, khasiat lain membacakan Surat Yasin kepada orang yang sedang menghadapi sakaratul maut untuk memohon agar Allah menurunkan rahmat-Nya.

Adapun waktu yang tepat membaca Surat Yasin pada malam Jumat berdasarkan hadis Nabi SAW:

 وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له رواه الأصبهاني

“Barangsiapa membaca Yasin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahaani). [ At-Targhiib wa at-Tarhiib I/298 ].

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut