get app
inews
Aa Read Next : Iran Serang Israel, Begini Kondisi Terakhirnya

Sejarah Puasa Asyura 10 Muharram Umat Islam Berbeda dengan Agama Lainnya

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 08:31 WIB
header img
Sejarah puasa asyura 10 Muharram yang berhukum sunah sangat dianjurkan dikerjakan Muslim lantaran memiliki keutamaan dan keistimewaan. Foto: Ist

Imam al-Qurthubi Menjelaskan Mengenai Puasa Asyura 

Dilansir dari laman Muhammadiyah, hadits Aisyah RA yang terdapat di Shahih Bukhari dan Muslim menunjukan bahwa puasa Asyura telah dilaksanakan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sebelum hijrah ke Madinah. Hadits tersebut berbunyi: 

"Dari Aisyah RA, sesungguhnya orang-orang Quraisy dulu pada masa jahiliyah berpuasa pada hari Asyura. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pun memerintahkan untuk berpuasa pada hari itu hingga turunnya perintah wajib puasa Ramadhan. Rasulullah (setelah wajibnya puasa Ramadhan) berkata barang siapa menghendaki maka ia boleh berpuasa Asyura sedangkan yang tidak mau puasa maka tidak mengapa." (HR. Bukhari dan Muslim). 


Menurut Imam al-Qurthubi yang dikutip Imam Ibnu Hajar menjelaskan, tradisi puasa hari Asyura orang-orang Quraisy diwarisi dari ajaran Nabi Ibrahim yang masih bertahan seperti halnya haji.  Bahkan di dalam hadits Aisyah yang lain disebutkan bahwa 10 Muharram itu adalah hari ditutupinya Ka’bah, hadits tersebut berbunyi: 

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: "Orang-orang melaksanakan shaum hari kesepuluh bulan Muharram (‘Asyura’) sebelum diwajibkan shaum Ramadhan. Hari itu adalah ketika Ka’bah ditutup dengan kain (kiswah). Ketika Allah subhanahu wata’ala telah mewajibkan shaum Ramadhan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang mau shaum hari ‘Asyura’ laksanakanlah dan siapa yang tidak mau tinggalkanlah!" (HR Bukhari).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut