JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Bicara bus tercepat yang paling bertenaga dan kencang di Indonesia? Selain Scania, Volvo dan Mercedes-Benz, saat ini di Indonesia ada bus bermesin MAN R37.
Kehebatan bus tersebut bila dilihat dari segi spesifikasi, MAN R37 dibekali mesin D2676 Common-rail, berkapasitas 12.419 cc, yang dapat menghemburkan tenaga hingga 460 dk pada 1.900 rpm dan torsi pucak 2.100 Nm pada 1.000-1.400 rpm. Bus ini dimiliki dan dibangun PO Nusantara.
Namun jika bicara bus, saat ini sejumlah perusahaan otobus (PO) berlomba menghadirkan armada dengan spesifikasi terbaik. Salah satunya bus milik PO Nusantara.
Bermesin sangar asal Jerman, mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimal 200 km per jam. Angka luar biasa yang sulit dikejar bus lain.
Meski bertenaga sangar, tidak membuat kru mobil PO Nusantara lupa diri memacu kendaraan ugal-ugalan. Keselamatan penumpang bagi mereka paling utama.
Apalagi karakter jalan di Indonesia tidak semulus Eropa. Meski mobil Eropa memiliki cc dan tenaga sangat besar bukan berarti bisa dipacu tanpa perhitungan.
"MAN R37 bisa mencapai kecepatan maksimal di jalan-jalan mulus Eropa. Jalan di Indonesia tidak seperti di Eropa. Jika ugal-galan akan membuat ban bus cepat aus," ujar pengemudi bus PO Nusantara Sukoyo dilansir dari kanal YouTube Djody Why.
"Jangan sampai bus cepat aus dan pecah di jalan. Jika pecah di jalan yang dirugikan bukan hanya kru, tapi juga penumpang. Tadinya ingin cepat jadi terhambat di jalan," katanya.
PO Nusantara membenamkan MAN R37 pada desain bus double decker andalannya, Qonqueror dengan karoseri dibangun sendiri di bawah Nusantara Gemilang. Selain dipakai PO Nusantara, bus ini juga digunakan PO Pelita Paradep dan bus kota tingkat di Jakarta.
Harga bus tersebut sangat mahal. Untuk harga sasisnya, belum termasuk bodi mencapai Rp2 miliar. Ini karena teknologi sasis MAN diklaim canggih sehingga dijual dengan harga fantastis.
Editor : Arbi Anugrah