get app
inews
Aa Read Next : Ini Kata Ulama Idealnya Hubungan Intim Suami Istri dalam Sepekan

Kapan Waktu Sholat Isya Berakhir, Ini Penjelasan Imam dan Ulama Terdahulu

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:41 WIB
header img
Kapan waktu Sholat Isya berakhir. (Foto: Freepik)

3. Waktu akhir Sholat Isya adalah sepertiga malam, ini waktu ikhtiyari. Sedangkan waktu akhir Sholat Isya yang bersifat darurat adalah hingga terbit fajar. 

Waktu darurat ini misalnya ketika seseorang sakit lantas sembuh ketika waktu darurat, maka ia masih boleh mengerjakan Sholat Isya di waktu itu. Begitu pula halnya wanita haid dan wanita nifas ketika mereka suci di waktu tersebut. Inilah pendapat ulama Hanabilah.


4. Waktu Sholat Isya adalah pertengahan malam. Yang berpendapat demikian adalah Ats-Tsauri, Ibnul Mubarok, Ishaq, Abu Tsaur, Ash-habur Ro'yi, dan Imam Asy Syafi'i dalam pendapatnya terdahulu. Untuk menyamakan persepsi, harus pahami bahwa waktu malam dihitung dari Sholat Magrib hingga waktu Subuh. Jadi jika misalnya waktu Magrib di daerah Anda jam 6 sore dan Subuh jam 4 pagi, maka kira-kira pertengahan malamnya adalah jam 11 malam.

Dari segi dalil yang menjadi pegangan bahwa waktu akhir sholat Isya itu sampai terbit fajar shodiq (masuk waktu Subuh) adalah hadis Abu Qatadah:

"Orang yang ketiduran tidaklah dikatakan tafrith (meremehkan). Sesungguhnya yang dinamakan meremehkan adalah orang yang tidak mengerjakan sholat sampai datang waktu sholat berikutnya." (HR Muslim Nomor 681)

Hadis lainnya adalah dari Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata, "Suatu malam Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam mendirikan Sholat Atamah (Isya) sampai berlalu malam dan penghuni masjid pun ketiduran, setelah itu beliau datang dan sholat. Beliau bersabda, "Sungguh ini adalah waktu Sholat Isya yang tepat, sekiranya aku tidak memberatkan umatku." (HR Muslim Nomor 638)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut