get app
inews
Aa Read Next : Milad ke-109, Al Irsyad Al Islamiyyah Tegaskan Netralitas dalam Pemilu 2024

Buya Hamka Awalnya Seorang Anak Nakal hingga Menjadi Ulama yang Disegani

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 21:16 WIB
header img
Buya Hamka atau bernama lengkap Haji Abdul Malik Karim Amrullah alias Buya Hamka adalah ulama yang mempunyai sikap yang tegas. (Foto: Youtube Cerdas TV)

BUYA Hamka atau bernama lengkap Haji Abdul Malik Karim Amrullah alias Buya Hamka adalah ulama yang mempunyai sikap yang tegas, tidak plintat-plintut dalam berdakwah. Bagi yang tak menyukainya maka apa yang disampaikannya membuat kuping seolah panas. 

Dia tak hanya memainkan peran sebagai ulama, tapi juga pahlawan dengan sederet kiprah dan jasanya. Buya Hamka lahir di Nagari Sungai Batang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, pada 17 Februari 1908. 

Diaa merupakan seorang ulama dan sastrawan Indonesia. Hamka pernah berkarier sebagai wartawan, penulis, dan pengajar. Sehingga saat penyampaian dakwah menggunakan tata kalimat yang runtut, tidak bertele-tela namun mendalam.

Buya Hamka juga sempat terjun dalam politik melalui Masyumi sampai partai tersebut dibubarkan.

Dirinya juga pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama, dan aktif dalam Muhammadiyah hingga akhir hayatnya. Universitas Al-Azhar dan Universitas Nasional Malaysia menganugerahkannya gelar doktor kehormatan, sementara Universitas Moestopo, Jakarta mengukuhkan Hamka sebagai guru besar. 

Namanya disematkan untuk Universitas Hamka milik Muhammadiyah dan masuk dalam daftar Pahlawan Nasional Indonesia. Putra dari Abdul Karim Amrullah itu kerap melakukan perjalanan jauh seorang diri. Ia meninggalkan pendidikannya di Thawalib, menempuh perjalanan ke Jawa dalam usia 16 tahun. Setelah setahun melewatkan perantauannya, Hamka kembali ke Padang Panjang membesarkan Muhammadiyah. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut