get app
inews
Aa Read Next : Ini Kata Ulama Idealnya Hubungan Intim Suami Istri dalam Sepekan

Kapan Waktu Sholat Isya Berakhir, Ini Penjelasan Imam dan Ulama Terdahulu

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:41 WIB
header img
Kapan waktu Sholat Isya berakhir. (Foto: Freepik)

Hadis tersebut menyatakan tidak mengapa mengakhirkan Sholat Isya hingga pertengahan malam. Jika sholatnya dikerjakan pertengahan malam, berarti Sholat Isya bisa berakhir setelah pertengahan malam. Ini menunjukan bahwa boleh jadi waktunya sampai terbit fajar Subuh. (Shahih Fiqh Sunnah, 2/246)

Sedangkan dalil bagi ulama yang menyatakan bahwa waktu akhir Sholat Isya itu sepertiga malam adalah hadis di mana Jibril menjadi imam bagi Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam.

Di hari kedua Jibril mengerjakan sholat tersebut pada sepertiga malam. Dalam hadis tersebut, "Beliau melaksanakan Sholat Isya hingga sepertiga malam." (HR Abu Daud Nomor 395. Syekh Al Albani mengatakan hadis ini sahih)

Adapun dalil bahwa waktu akhir Sholat Isya adalah pertengahan malam, dapat dilihat pada hadis 'Abdullah bin 'Amr, "Waktu Sholat Isya adalah hingga pertengahan malam." (HR Muslim Nomor 612)

Juga dapat dilihat dalam hadis Anas radhiyallahu 'anhu, "Nabi shallallu 'alaihi wa sallam mengakhirkan Sholat Isya hingga pertengahan malam." (HR Bukhari Nomor 572)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut