get app
inews
Aa Read Next : Begini Penampakan Berlian Langka yang Ditemukan di Perut Bumi Sedalam Lebih dari 300 KM

Profil Salman Rushdie Pengarang Ayat-ayat Setan yang Ditikam di New York 

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:30 WIB
header img
Salman Rusdhie ditikam di leher dan dada saat berada di New York. (Foto iNews.id/Reuters)

NEW YORK, iNewsPurwokerto.id - Sebuah peristiwa mengagetkan menimpa Salman Rushdie yang merupakan penulis novel Ayat-Ayat Setan. 

Salman Rushdie ditikam di leher dan dada saat berada di New York. Tak berapa lama, ia pun segera diterbangkan ke rumah sakit dan menjalani operasi.  

Dalam pernyatannya, pihak berwenanang New York mengatakan, Salman Rushdie novelis kelahiran India itu sedianya akan memberikan kuliah umum di depan ratusan orang di Chautauqua Institution. 

Salman Rushdie akan memberikan ceramah tentang kebebasan artistik, Jumat (12/8/2022).  

Tiba-tiba, seorang pria naik ke atas panggung dan menikam Salman Rusdhie. Sejumlah orang yang berada di sekitarnya pun segera melerai dan menangkap pelaku.  

Seorang polisi Negara Bagian New York yang memberikan keamanan di acara tersebut menangkap penyerang. Pelaku diidentifikasi sebagai Hadi Matar, pria 24 tahun dari Fairview, New Jersey, yang sengaja membeli tiket ke acara tersebut. 

"Seorang pria melompat ke atas panggung dan memulai apa yang tampak seperti memukulinya di dada, mengulangi pukulan tinju ke dada dan lehernya," kata salah satu penonton, Bradley Fisher. 

Seorang dokter yang duduk di antara penonton membantu merawat Rushdie saat layanan darurat tiba. Moderator acara, Henry Reese juga mengalami cedera kepala ringan.  

Pihak kepolisian mengatakan mereka bekerja dengan penyelidik federal untuk menentukan motif. Hanya saja, mereka tidak menjelaskan senjata yang digunakan. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut