get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini Capres Ganjar Pranowo Sambangi Banyumas dan Cilacap

Ganjar Tetapkan Jateng Siaga Bencana Cuaca Ekstrem Sampai April 2022

Selasa, 09 November 2021 | 17:26 WIB
header img
Gubernur Ganjar Pranowo mengecek kesiapan personel saat apel kesiapsiagaan bencana di halaman kantor Gubernur Jateng, Selasa (9/11). (foto: IST)

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta seluruh jajaran dan masyarakat siaga bencana sampai April 2022. Ganjar menyebut berdasarkan informasi BMKG wilayah Jateng akan dilanda cuaca ekstrem mulai Desember 2021 sampai Februari 2022.

"Ramalan BMKG Jateng akan dilanda cuaca ekstrem. Ramalannya sampai Desember hujan akan tinggi, Januari akan turun dan Februari akan tinggi lagi. Maka, kita harus siap siaga sampai April. Saya minta semua siap menghadapi situasi yang terburuk," kata Ganjar saat memimpin apel kesiapsiagaan bencana di halaman kantor Gubernur Jateng, Selasa (9/11/2021).

Apel kesiapsiagaan bencana itu juga dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto dan seluruh elemen kebencanaan hingga relawan di Jawa Tengah.

Ganjar juga memberikan perintah terkait kesiap-siagaan bencana di Jateng. Seluruh kepala daerah diminta terus melakukan edukasi dan menyebarkan peta bencana sekaligus informasi pada masyarakat.

"Gandeng aktivis dan relawan kebencanaan. Kelompok-kelompok masyarakat juga bisa dilibatkan untuk terus memberikan edukasi. Gunakan early warning system meskipun dengan alat sederhana, bisa kentongan, ilmu titen dan lain yang masyarakat sudah paham," katanya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut