get app
inews
Aa Read Next : Terkait Tuntutan Soal UKT, Ini Kebijakan Unsoed Terbaru

Mengenal 4 Pahlawan Nasional Asal Jawa Tengah

Rabu, 10 November 2021 | 10:56 WIB
header img
Jawa Tengah banyak melahirkan pahlawan nasional yang sangat berjasa pada bangsa ini. Ini empat pahlawan nasional asal Jawa Tengah. (Foto: Arsip Nasional)

JAKARTA, iNews.id - Peringatan hari pahlawan 10 November diberikan oleh pemerintah Indonesia sebagai bentuk penghargaan tertinggi. Di Jawa Tengah banyak melahirkan pahlawan nasional yang sangat berjasa pada bangsa ini. 

Berikut sederet pahlawan nasional asal Jawa Tengah.

1. Jenderal Soedirman 

Soedirman lahir di Purbalingga, 24 Januari 1916. Awalnya Soedirman bukanlah seorang tentara, dia adalah seorang guru. Soedirman pernah menjadi guru di SD Muhammadiyah. Ketika menjadi guru, dia mendidik muridnya melalui pendekatan moral.

Dia menjadi jenderal ketika berusia 31 tahun. Ketika TKR terbentuk, dia menjadi panglima divisi V/ Banyumas dan terpilih menjadi Panglima Angkatan Perang RI sebagai panglima pertama dan jenderal termuda Indonesia. Jenderal Soedirman wafat di Magelang, 29 Januari 1950.

2. R.A. Kartini

Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879. Dia dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Melalui Kartini, dia berjasa terhadap kesetaraan hak perempuan dan laki-laki. Dia pernah merasakan sekolah di Europese Lagere School (ELS).

Namun dia berhenti sekolah karena akan dinikahkan. Setelah menjadi seorang istri, Kartini tetap bersemangat menjadi guru dan mendirikan sekolah. Dia juga rajin menulis surat berbahasa Belanda kepada teman-temannya di Belanda. Surat-surat yang ditulis Kartini menarik Belanda.

Surat-surat tersebut dikumpulkan oleh Mr. J. H. Abendanon dan diterbitkan pada tahun 1911 dengan judul Door Duisternis tot Licht (Habis Gelap Terbitlah Terang). Kartini wafat pada 17 September 1904.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut