get app
inews
Aa Read Next : Penimbunan Ribuan Liter Solar di Cilacap Terbongkar, Modusnya Mencengangkan

Kondisi Terakhir Kebakaran Kilang Minyak Cilacap, Asap Hitam Masih Mengepul

Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:24 WIB
header img
Asap hitam masih mengepul dari kilang minyak cilacap pada Sabtu (12/6/2021). (Foto: Elde Joyosemito)

CILACAP, iNews.id- Asap hitam masih terlihat mengepul dari kawasan kilang minyak milik Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap. Asap hitam tersebut akibat terbakarnya tangki benzene dengan nomor tangki 205 pada Area 39.

Berdasarkan pemantauan iNews Purwokerto di sekitar kawasan kilang minyak Pertamina RU IV Cilacap pada Sabtu (12/6/2021), kepulan asap hitam terlihat jelas dari Jl MT Haryono Cilacap. Jalan tersebut merupakan jalan yang berada di kawasan depan kilang.

Salah seorang warga Mukamil (51) mengatakan bahwa pada waktu malam terjadi kebakaran, hujan deras dan terjadi petir. Dia mengakui kalau petir menyambar. “Saya kurang tahu persis apakah kebakaran yang terjadi akibat tersambar petir atau tidak. Kalau asap yang mengepul hitam, saya baru lihat pagi ini,”katanya.

Sebelumnya, Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan bahwa pihaknya melakukan upaya maksimal untuk mengendalikan kebakaran. “Memang pada Jumat (11/6/2021) malam jam 19.45 WIB telah terjadi kebakaran di salah satu tangki berisi benzene,”jelas Hatim kepada pers.

Hatim mengungkapkan bahwa pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran. “Seluruh anggota tim bekerja keras untuk melaksanakan pemadaman. Api berhasil dikendalikan sekitar sejam sejak kebakaran terjadi,”katanya.

Tetapi ia mengakui, masih ada titik-titik api di sekitar tangki yang terbakar. Upaya yang dilakukan adalah dengan melokalisir titip api.

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut