get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Dieng Culture Festival 2023 pada 25-27 Agustus, DCF Disiapkan Naik Kelas

DCF 2022 dan Jazz Atas Awan Hadirkan Deni Caknan, Budi Doremi, Marcel, Andien, Ini Jadwal Lengkapnya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 18:32 WIB
header img
Ilustrasi Dieng Culture Festival (DCF) Foto : Aryo Rizqi/iNews.id).

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id - Jadwal Dieng Culture Festival (DCF) XIII pada 2-4 September 2022 secara lengkap telah dirilis. Acara inti adalah pemotongan rambut gimbal. Nantinya ada 15 anak yang rencananya mengikuti cukur rambut gimbal.

Tak ketinggalan, banyak artis terkenal yang bakal tampil memeriahkan acara musik DCF 2022 yang bertajuk QRIS Jazz Atas Awan. Mereka adalah Marcel, Deni Caknan, Budi Doremi, Andien, Souljah dan Stars & Rabbit. Ada juga nanti tampil Cak Nun dan Kyai Kanjeng. 

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara Alid Faozi mengungkapkan bahwa persiapan penyelenggaraan DCF 2022 telah mencapai 80 persen.

“Berbagai persiapan telah rampung dilaksanakan. Kini telah mencapai 80 persen. Perizinan terkait dengan lampion telah disampaikan ke otoritas penerbangan, termasuk perizinan ke satgas Covid-19 dan sebagainya sudah 90 persen berjalan,”jelas Alif dalam konferensi pers pada Jumat (19/8/2022).

Menurut Alif, pagelaran DCF 2022 hanya menyiapkan 3.500 tiket. Ini berbeda dengan sebelum pandemi sebanyak 5 ribu tiket. Ketika pembukaan penjualan tiket, pihaknya menyediakan 2.500 tiket paket kunjungan dengan fasilitas penginapan namun langsung terjual habis.

“Panitia juga meluncurkan penjualan tiket saja yang dapat dibeli melalui laman festivaldieng.id,"kata Alif. 

Selain ruwatan anak-anak berambut gimbal, sejumlah acara dalam rangkaian kegiatan DCF XIII pun mengalami pergeseran waktu pelaksanaannya. "Karena kami berpikir pada dampak ganda yang diharapkan dari kunjungan wisatawan seandainya mereka bisa menginap full dua malam, maka perputaran ekonomi di masyarakat bisa bangkit,”ujar Alif.

Alif mengatakan kegiatan budaya di DCF 2022 sebanyak 26 jenis seni tradisi seperti kuda kepang, ndolalak, lengger, jeping dan lainnya. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut