get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Keperawatan UMP Lolos Program MBKM Internship Jepang

Kisah Restoran HokBen ala Jepang, Ternyata Pendirinya Orang Asli Indonesia

Kamis, 25 Agustus 2022 | 08:15 WIB
header img
Restoran Jepang Hokben ternyata asli Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Hoka Hoka Bento atau yang kini dikenal dengan nama HokBen merupakan salah satu pelopor restoran cepat saji di Indonesia yang berkonsep ala Jepang. Namun tahukah Anda, jika restoran ini ternyata didirikan oleh orang asli Indonesia.

Kisah sukses itu tak lepas dari pendiri HokBen, Hendra Arifin yang merupakan seorang karyawan swasta yang memutuskan mendirikan perusahaan sendiri dan berhenti dari pekerjaannya di sebuah perusahaan Astra Internasional.

Meski telah bekerja selama 13 tahun, keputusan Hendra untuk keluar dari pekerjaannya sempat ditentang oleh keluarga dan rekan-rekannya di Astra yang menyayangkan keputusan Hendra. Namun keputusannya keluar, menjadi jalan kesuksesannya saat ini.

Terinspirasi oleh kebiasaan orang Jepang yang lebih memilih untuk membawa bekal dari rumah. Hendra kemudian membangun sebuah bisnis kuliner dengan melihat bekal orang Jepang yang berbentuk nasi kotak dan biasa disebut bento, lalu disantap ketika istirahat makan siang. 

Hendra pun mempelajari seluk-beluk makanan tersebut langsung ke Jepang. Pada akhirnya, dia juga membeli sistem dan izin penggunaan merek Hoka Hoka Bento di Jepang, meski restoran tersebut kini tak lagi ada di negeri sakura itu. Ini menjadi langkah awal dia mendirikan perusahaan. 

Hendra secara resmi mendirikan Hoka Hoka Bento di Jakarta pada 18 April 1985 di bawah lisensi PT Eka Bogainti. Restoran pertama hadir di Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut