get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga

Domba Punya Keistimewaan Dijelaskan dalam Al-Quran dan Sains

Senin, 15 November 2021 | 16:50 WIB
header img
DOMBA  ternyata hewan yang mempunyai keistimewaan. Bahkan di dalam Al-Quran disebutkan keistimewaanya. (Foto: Reuters)

DOMBA  ternyata hewan yang mempunyai keistimewaan. Bahkan di dalam Al-Quran disebutkan keistimewaanya. Bukan di Alquran saja, ilmu sain juga membeberkan keistimewaan domba.

Domba dikenal memiliki ciri khas bulunya yang tebal keriting dan tanduknya yang kebanyakan panjang melengkung. 

Domba juga menjadi hewan peliharaan yang memiliki banyak manfaat. Mulai kulit hingga dagingnya sangat memberikan nilai bagi orang-orang yang memilikinya.
Secara ilmiah, domba atau biri-biri adalah hewan ruminansia berkaki empat dan berkuku genap dengan rambut tebal. 

Domba merupakan salah satu jenis hewan pertama yang dijinakkan untuk keperluan agrikultural dan dipelihara guna dimanfaatkan rambut, daging, hingga susunya. 

Keberadaan hewan domba beserta manfaatnya ternyata sudah lama dijelaskan dalam kitab suci Al-Quran dan sains. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam kitab suci Al-Quran Surah An-Nahl Ayat 80: 


وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ بُيُوتِكُمْ سَكَنًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ جُلُودِ الْأَنْعَامِ بُيُوتًا تَسْتَخِفُّونَهَا يَوْمَ ظَعْنِكُمْ وَيَوْمَ إِقَامَتِكُمْ ۙ وَمِنْ أَصْوَافِهَا وَأَوْبَارِهَا وَأَشْعَارِهَا أَثَاثًا وَمَتَاعًا إِلَىٰ حِينٍ

Artinya: "Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)-nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu)."

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut