get app
inews
Aa Read Next : Perlukah Mandi Wajib Sebelum Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan?

Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga

Minggu, 24 Maret 2024 | 19:14 WIB
header img
Ilustrasi kucing

JAKARTA, iNewsPurokerto.id - Alasan kenapa kucing tidak masuk surga perlu ditelusuri penjelasannya. Dalam agama Islam, surga adalah tempat yang ditujukan bagi makhluk yang beribadah kepada Allah SWT. Namun, apakah kucing termasuk di antara mereka yang akan mendiami surga?

Kenapa kucing tidak masuk surga?

Banyak pemilik kucing yang merasa sedih setelah mengetahui bahwa menurut ajaran Islam, kucing tidak diizinkan masuk surga. Namun, sebenarnya kucing adalah makhluk yang tak berdosa seperti hewan-hewan lainnya. Seharusnya, kucing dianggap sebagai makhluk yang pantas mendapatkan tempat di surga.

Namun, sebenarnya kucing tidak dapat masuk surga karena surga hanya diperuntukkan bagi makhluk ciptaan Allah SWT yang beribadah. Berbeda dengan manusia, kucing dan hewan-hewan lainnya tidak memiliki tanggung jawab untuk beribadah.

Tindakan hewan di dunia ini tidak akan dinilai dan tidak akan mendapatkan imbalan. Di akhirat, kucing dan hewan lainnya akan berada dalam keadaan yang berbeda dengan manusia.

Seperti yang disampaikan Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

لَتُؤَدُّنَّ الْحُقُوقَ إِلَى أَهْلِهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُقَادَ لِلشَّاةِ الْجَلْحَاءِ مِنْ الشَّاةِ الْقَرْنَاءِ

Sungguh semua hak akan dikembalikan kepada pemiliknya di hari kiamat, sampai diqishas dari kambing yang tidak punya tanduk, kepada kambing bertanduk (yang pernah menanduk). (HR. Ahmad 7404 & Muslim 6745) 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut