get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Purwokerto dan Sekitarnya Kamis 28 Maret 2024

Perlukah Mandi Wajib Sebelum Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan?

Minggu, 10 Maret 2024 | 20:23 WIB
header img
Apakah ada anjuran untuk mandi wajib sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan? Bagaimana cara melaksanakannya? Foto: Dok iNews.id

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Apakah ada anjuran untuk mandi wajib sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan? Bagaimana cara melaksanakannya?

Banyak orang meyakini bahwa mandi wajib sebelum bulan Ramadhan adalah suatu keharusan. Namun, penting untuk dicatat bahwa anjuran tersebut masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Apakah ada anjuran mandi wajib sebelum puasa Ramadhan?

Tidak ada dalil yang tertulis dalam ayat suci Al-Qur'an dan hadits yang menganjurkan untuk melakukan mandi wajib sebelum puasa Ramadhan. Rasulullah SAW juga tidak pernah memerintahkan umatnya untuk melakukan tindakan tersebut.

Dalam agama Islam, terdapat beberapa jenis mandi yang disunnahkan, seperti mandi sebelum salat Jumat, mandi sebelum salat ied, dan lain sebagainya. Namun, mandi tersebut bukanlah kewajiban, melainkan merupakan sunnah.

Hanya ada satu kewajiban mandi yang harus dilakukan selama bulan Ramadhan, yaitu ketika seseorang berada dalam keadaan junub atau berhadats besar dan hendak melaksanakan salat. Namun, hal ini juga berlaku di bulan-bulan lain, karena salah satu syarat sah dalam melaksanakan ibadah salat adalah bersuci dari hadats besar dan kecil.

Ada beberapa contoh di antaranya ketika seseorang selesai berhubungan suami istri, kemudian mengeluarkan air mani, atau suci dari haid dan nifas pada malam bulan Ramadhan. Maka sangat penting bagi orang tersebut untuk melakukan mandi besar sebelum melaksanakan salat subuh, agar salat yang dilakukan menjadi sah.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut