get app
inews
Aa Read Next : Ekspedisi Hari Pahlawan dan Hari Guru, 3 Pemuda Kenalkan Wisata Banyumas

Pahlawan di Uang Kertas? Berikut Nama-namanya

Senin, 22 November 2021 | 07:30 WIB
header img
Ilustrasi uang kertas. Ada gambar pahlawan di setiap uang kertas (iNews.id/Bambang Sugiarto).

JAKARTA, iNews.id – Siapa nama-nama pahlawan yang ada dalam uang kertas? Berikut rangkuman nama-nama pahlawan di uang kertas seperti dikutip dari MNC Portal Indonesia.

1.Ir Soekarno dan Muhammad Hatta

Siapa yang tak kenal dengan Ir Soekarno dan Mohammad Hatta. Kedua bapak pendiri bangsa tersebut sangat berjasa bagi Indonesia. Karena itu pula keduanya masuk dalam mata uang pecahan Rp100.000.

2. Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja

Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja merupakan salah satu pahlawan Indonesia. Ia sempat menduduki posisi pimpinan seperti Pada tanggal 28 September 1945, Djuanda memimpin para pemuda untuk mengambil alih Jawatan Kereta Api dari Jepang. Setelah kejadian tersebut, ia diangkat oleh pemerintah Indonesia sebagai Kepala Jawatan Kereta Api untuk wilayah Jawa dan Madura. Dia juga sempat beberapa kali menjabat sebagai Menteri di Indonesia. Bedasarkan Keputusan RI No.224/1963, Ir Djuanda diangkat menjadi tokoh nasional. Kini wajah Djuanda Kartawidjaja terpampang di uang pecahan Rp50.000.

3. Sam Ratulangi

Pemilik nama lengkap DR. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi (G.S.S.J Ratulangi) berprofesi sebagai politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawei Utara. Ratulangi disebagai tokoh multidimensional yang dikenal dengan filsafatnya Si tou timou tumou tou yang artinya masunia baru dapat memanusiakan manusia. Namanya diyakini sebagai salah satu orang yang mempopulerkan nama Indonesia. Wajah Sam Ratulangi pun menghiasi uang pecahan Rp20.000

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut