get app
inews
Aa Read Next : PMI Banyumas Buka Posko, Siap Layani Pemudik yang Melintas

Sambut HUT ke 77, PMI Banyumas Bangun Klinik Pratama Sokaraja Untuk Pelayanan Kesehatan

Sabtu, 17 September 2022 | 11:20 WIB
header img
PMI Kabupaten Banyumas melakukan peletakan pertama pembangunan (ground breaking) Klinik Pratama Sokaraja, Sabtu (17/9/2022). Foto: Arbi Anugrah/ iNewsPurwokerto.id

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - PMI Kabupaten Banyumas melakukan peletakan pertama pembangunan (ground breaking) Klinik Pratama Sokaraja, Sabtu (17/9/2022). Awal dimulainya pembangunan klinik tersebut bertepatan dengan HUT ke-77 Palang Merah Indonesia.

Peletakan batu pertama pembangunan klinik tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono yang juga merupakan Ketua PMI Banyumas. Sadewo mengatakan jika latar belakang dibangunnya Klinik Pratama PMI di Sokaraja adalah untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan rawat jalan dengan lebih baik.

Menurut Sadewo Klinik Pratama Sokaraja sebenarnya selama ini sudah ada. Namun masih menjadi satu dengan gedung UDD PMI Sokaraja sehingga pelayanan kurang maksimal. 

"Klinik perlu pengembangan sehingga perlu dibangun terpisah dari bangunan UDD PMI Sokaraja agar Klinik Sokaraja bisa mendapatkan akreditasi dengan gedung yang memenuhi syarat dan ke depannya mudah bila akan ada pengembangan layanan," jelasnya Sadewo usai peletakan batu pertama.

Klinik Pratama Sokaraja sendiri memiliki luas total bangunan 625 M2, dibangun dengan estimasi biaya mencapai Rp 3,173 miliar. Jangka pelaksanaan sekitar empat bulan.

Selain melakukan peletakan batu pertama pembangunan Klinik Pratama PMI Sokaraja, pada peringatan HUT PMI ke-77 yang mengambil tema 'Terus Tebar Kebaikan' juga dilaksanakan kegiatan donor darah, bakti sosial berupa pemberian bantuan kursi roda dan jamban keluarga. 

Pada HUT ke 77 PMI Banyumas juga dilaksanakan apel di halaman UDD PMI Sokaraja. Apel dihadiri Wakil Bupati Banyumas, Forkompimda, Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten, pengurus PMI Kecamatan, pembina PMR dan para relawan.

Selain bakti sosial, pada peringatan HUT PMI juga dilaksanakan lomba untuk Kelompok Sukarelawan, pemilihan Palang Merah Remaja dan KST Teladan.

Stok Darah

Untuk kegiatan donor darah, kata Sadewo, PMI Kabupaten Banyumas melalui UDD terus melakukannya secara berkelanjutan. Baik melalui mobil unit mauun di UDD PMI di Jl Pekaja Sokaraja.  

Stok Darah UDD PMI Kabupaten Banyumas per Kamis 15 September 2022 pukul 08.59 WIB sendiri jumlahnya mencukupi. Yakni Golongan darah A 195 stok 3,9 hari Cukup, B 485 stok 9,3 hari Aman, O 276 stok 3,2 hari Cukup dan AB 63 stok 4,8 hari Aman.

Kalau dijumlah, stok darah yang ada per 15 September tersedia 1.019 kantong. Stok tersebut untuk 5,1 hari aman.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut