Mengenal Versen, Jamu Oles Ekstrak Daun Kersen

Alfiatin
.
Sabtu, 17 September 2022 | 19:31 WIB
Mahasiswa UMP menunjukkan Versen obat jamu oles ekstrak daun kersen. (Foto istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Daun kersen ternyata memiliki banyak manfaat. Seperti yang dikembangkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto, yang membuat obat jamu oles ekstrak daun kersen.

Obat jamu oleh ini digunakan sebagai terapi antiseptik, antiinflamasi, serta pemudar bekas luka.

Obat jamu oles tersebut merupakan hasil inovasi dari tiga mahasiswa Farmasi UMP. Di antaranya Nur Safitri, Naurah Syifa, dan Ananda Syafila dengan dosen pembimbing apt. Arini Syarifah, M.Si. 

Ketua tim inovasi kamu oles, Nur Safitri mengatakan Inovasi jamu oles obat luka yang dibuat itu tidak hanya mencegah infeksi tetapi sekaligus dapat menyamarkan bekas luka. 

Menurutnya, pemanfaatan daun Kersen masih terbatas. Padahal daun kersen dapat digunakan sebagai antiinflamasi serta antibakteri. 

"Selain itu dipasaran belum ada obat luka oles yang terbuat dari daun keresen. Tentunya sangat menjanjikan dan dapat bersaing dengan produk obat luka lain yang sudah ada dipasaran,” katanya.

Menurutnya, jamu oles tersebut juga mengandung ekstrak lidah buaya yang dapat membantu memudarkan bekas luka.

“Peluang Usaha Jamu Oles `Versen` 3 In 1 Sebagai Terapi Luka Tiga Efek (Antiseptik, Antiinflamasi, Serta Pemudar Bekas Luka)”.  

Sementara itu Dosen Pembimbing apt. Arini Syarifah, M.Si. mengatakan, tim yang dibimbingnya menggagas trobosan produk jamu baru yaitu obat luka berbahan dasar alam daun kersen dan lidah buaya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini