get app
inews
Aa Read Next : Ustaz Adi Hidayat Berbagi Tips Cara Menghafal Alquran

Kisah Putri Tukang Sayur yang Kuliah Gratis Karena Hafal 30 Juz Alquran

Selasa, 20 September 2022 | 08:04 WIB
header img
Bagi anak tukang sayur yang bernama Bunayyah Latifah, tak pernah membayangkan kalau dirinya bisa kuliah. (Foto: Dok Pribadi)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Bagi anak tukang sayur yang bernama Bunayyah Latifah, tak pernah membayangkan kalau dirinya bisa kuliah, apalagi ada beasiswa sehingga gratis. 

Naya, biasa dia dipanggil, mendapatkan keajaiban. Dia lolos kuliah dengan biaya gratis. Padahal sebelumnya, tidak pernah dia bayangkan bagaimana mungkin seorang anak pedagang sayur bisa kuliah.

Naya, erhasil menempuh pendidikan kuliah secara gratis berkat Alquran di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Program studi yang dipilih tidak main-main, Prodi Farmasi.

Yang menarik, dia bisa masuk Universitas Muhammadiyah Surabaya berkat Alquran. Sebab, dia masuk melalui jalur beasiswa tahfidz. Dia adalah eorang penghafal 30 juz Alquran. 

Naya, lahir dari keluarga yang sederhana. Ayahnya, Marzuki bekerja sebagai tukang bangunan dan ibunya Nur Afifah adalah pedagang sayur. 

Sewaktu kecil, ia mengaku tidak ada keinginan menjadi seorang hafidzha. Bahkan, ketika itu, dia tidak bisa membaca makhorijul huruf dalam Alquran. 

"Dari kecil hingga SMP saya sekolah negeri, jadi untuk pengetahuan agama saya sangat kurang. Kalau orang Jawa bilang ngaji saya waktu itu plegak-plegok," kata dia dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Senin (19/9/2022). 

Tetapi, begitu lulus SMP dia menempuh pendidikan di pondok pesantren. Hal tersebut merupakan dorongan dari keluarganya. Meski sempat ada perasaan tak ingin dari Naya. 

Akhirnya, sang ibu mengingatkan pentingnya mengaji bagi Naya. Ucapan itulah yang akhirnya membuat hatinya tergerak untuk berangkat ke pondok pesantren. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut