get app
inews
Aa Read Next : Momen Kapten Timnas Indonesia U-23 Jadi Imam Sholat, Netizen: Pantas Susah Dibobol

Ketika Rasulullah Membaca Alquran dan Didengar Jin Untuk Pertama Kali, Awal Mereka Beriman

Senin, 26 September 2022 | 18:31 WIB
header img
Kisah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam membaca Alquran hingga didengar jin untuk pertama kalinya.. (Foto: Freepik)

Dalam kitab Shahih Muslim dijelaskan ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berdiri dan membaca Alquran, iblis melihat pintu-pintu langit ditutup dan tidak bisa lagi ditembus oleh kaum dan pasukannya.

Saat itu iblis berkata, "Apa yang telah terjadi di barat dan timur sehingga kita tidak bisa lagi menembus langit?"

Ketika para jin mencari di penjuru barat dan timur, mereka pun menemukan cahaya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang sedang berdoa dan membaca Alquran. Cahaya itu membuat para jin berdesakan mendengarkan bacaan tersebut kemudian mereka beriman.

Diceritakan juga dalam kitab tafsir Ibnu Katsir bahwa saat itu ada beberapa raja jin yang mendapatkan perintah iblis untuk melihat apa yang terjadi. Ketika para jin menjalankan tugasnya, mereka justru menyatakan beriman kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam. 

Para jin itu pun berdesakan ingin mendengar suara indah yang keluar dari jiwa suci yang merindukan Allah Subhanahu wa ta'ala dengan getaran iman. Para raja jin masuk Islam dengan suara indah Rasulullah yang mulia.

Sementara sebab turunnya Surat Al Jin Ayat 1 terdapat pendapat lain dari Ibnu Jauzi rahimahullah dalam kitabnya Shifat Ash-Shafwah, seperti dilansir Muslimahdaily. Dari Sahal bin Abdillah, beliau mengatakan:

"Suatu hari, aku (Sahal) berada di permukiman yang dulunya ditempati kaum 'Ad. Tiba-tiba aku melihat perkampungan di permukaan tanah lapang yang berlubang. Di sana terdapat istana megah yang terbuat dari batu yang atap dan pintunya berlubang."

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut