Logo Network
Network

Ketika Rasulullah Membaca Alquran dan Didengar Jin Untuk Pertama Kali, Awal Mereka Beriman

Ratu Syra Quirinno
.
Senin, 26 September 2022 | 18:31 WIB
Ketika Rasulullah Membaca Alquran dan Didengar Jin Untuk Pertama Kali, Awal Mereka Beriman
Kisah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam membaca Alquran hingga didengar jin untuk pertama kalinya.. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kisah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam membaca Alquran hingga didengar jin untuk pertama kalinya. Inilah awal bangsa jin beriman karena takjub dengan lantunan ayat-ayat suci Alquran.

Dalam Surat Al Jin, Allah Ta'ala menceritakan kisah sekumpulan jin yang mendengarkan bacaan Alquran untuk pertama kalinya.

Dikisahkan, bangsa jin kerap mencuri kabar dari langit untuk kemudian membohongi manusia lewat perantara lisan para dukun sebelum Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam diutus menjadi nabi.

Ketika Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan Alquran kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, para jin penasaran dan mencari tahu wahyu yang diturunkan itu. Mereka pun berpencar ke penjuru bumi untuk mendengar bacaan Alquran tersebut.

Ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam melaksanakan Sholat Subuh bersama para sahabat, para jin mendengar lantunan itu. Mereka merasa takjub lantaran tidak pernah mendengar untaian kata-kata seindah ayat-ayat suci Alquran.

"Demi Allah, inilah yang telah menghalangi kita dari mendengar berita-berita langit!" sahut mereka satu sama lain. Mereka pun kembali ke kaumnya. 

Surat Al Jin terdiri dari 28 ayat dan tergolong surat Makkiyyah. Surat ini dinamai Al Jin yang diambil dari kata Jin pada ayat pertama.

قُلۡ اُوۡحِىَ اِلَىَّ اَنَّهُ اسۡتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الۡجِنِّ فَقَالُوۡۤا اِنَّا سَمِعۡنَا قُرۡاٰنًاعَجَبًا

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), 'Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan (bacaan),' lalu mereka berkata, 'Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (Alquran)'." (QS Al Jin: 1)

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini