get app
inews
Aa Read Next : Dukung Program TMMD, Kilang Cilacap Beri Bantuan Perangkat Komputer

Pemuda Pancasila Sejarah Kelahirannya Dibidani Sejumlah Jenderal Penentang PKI

Jum'at, 26 November 2021 | 15:02 WIB
header img
Pemuda Pancasila menjadi salah satu  ormas berpengaruh di Tanah Air. (Foto: Ilustrasi/MPI)

JAKARTA,iNews.id - Pemuda Pancasila menjadi salah satu  ormas berpengaruh di Tanah Air. Dalam beberapa hari ini kader, anggota hingga pimpinan elitenya bereaksi atas ucapan politisi PDI Perjuangan sekaligus Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang.

Junimart meminta Kemendagri agar menertibkan ormas yang kerap terlibat bentrok karena telah meresahkan masyarakat. Menurut dia, pemberian izin kepada ormas oleh pemerintah mestinya berdasarkan prinsip untuk menjaga keamanan di tengah masyarakat.

"Saya hanya menyampaikan kepada teman-teman dalam mengeluarkan statmen harus terukur dan tidak boleh menyinggung suatu organisasi kelompok atau siapapun lah," ujar Wakil Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo atau akarab disapa Bamsoet.

PP memang salah satu ormas tertua di Tanah Air. Organisasi PP dideklarasikan berdiri pada 28 Oktober 1959, di Jakarta. Adalah Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) yang membidani kelahiran ormas tersebut. 

IPKI merupakan sayap politik dari para petinggi militer yang masih aktif dalam kedinasan saat itu. Tokoh-tokoh pendirinya sebagian merupakan jenderal TNI, di antaranya A Yani, AH Nasution, dan Gatot Subroto.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut