Logo Network
Network

Cegah Stunting, Dosen Universitas Islam Sultan Agung Semarang Ajak Pantau Pertumbuhan Anak

Alfiatin
.
Selasa, 27 September 2022 | 15:35 WIB
Cegah Stunting, Dosen Universitas Islam Sultan Agung Semarang Ajak Pantau Pertumbuhan Anak
Dosen Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Ns Nopi Nur Khasanah MKep mengajarkan mengukur berat badan ideal sebagai satu upaya mencegah stunting pada siswa SDN 3 Kutawis.

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id- Satu masalah kesehatan utama di Indonesia yakni stunting, masalah kurang gizi kronis yang terjadi karena kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

Kondisi ini akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan yang lebih rendah dari standar usianya. Namun, sebagian masyarakat masih belum menyadari dan memahami kondisi ini.

Dilansir dari p2tm.kemenkes.go.id, kondisi tubuh yang lebih pendek dari standar usianya seringkali dikaitkan dengan faktor keturunan atau genetik orangtua. Padahal, faktor genetik ini memberikan pengaruh paling kecil, dibandingkan faktor lainnya seperti lingkungan dan pelayanan kesehatan. Sehingga kondisi stunting ini sebenarnya masih bisa dicegah.

Hal ini yang membuat dosen keperawatan anak Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Ns. Nopi Nur Khasanah, M.Kep., Sp.Kep.An ini melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada siswa di SD Negeri 3 Kutawis, Senin (26/9/2022) kemarin.

Menurutnya pendidik, orangtua, dan anak sendiri harus memahami kondisi kesehatan mereka. Pendidik dan orangtua harus terus berupaya mencegah kondisi stunting pada anak dengan rutin melakukan pengecekan berat badan dan mengukur tinggi badan.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini