get app
inews
Aa Read Next : Nih, Tips Agar Tetap Sehat Menjalani Puasa di Bulan Ramadan

Cegah Stunting, Dosen Universitas Islam Sultan Agung Semarang Ajak Pantau Pertumbuhan Anak

Selasa, 27 September 2022 | 15:35 WIB
header img
Dosen Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Ns Nopi Nur Khasanah MKep mengajarkan mengukur berat badan ideal sebagai satu upaya mencegah stunting pada siswa SDN 3 Kutawis.

Dalam kesempatan tersebut ia mengarahkan bagaimana cara mengukur tinggi dan berat badan ideal sesuai standar P2TM Kemenkes. Bagaimana menjaga kesehatan dan pola makan yang baik supaya badan tumbuh dengan maksimal.

"Karena salah satu kunci untuk memantau gejala stunting pada anak dengan rutin melihat pertumbuhan mereka. Jangan sampai orangtua termasuk guru lalai dengan kondisi kesehatan anak-anak," katanya.

Memantau dan mengukur setiap pertumbuhan anak ini merupakan satu hal yang sangat penting. Ia berharap, kondisi kesehatan anak-anak Indonesia semakin baik.

Sebab, menurut data Riskesdas, prevalensi stunting pada balita telah mengalami penurunan dari 37,2% di tahun 2013 menjadi 30,8% pada tahun 2018. 

"Dengan semakin pedulinya orangtua dan guru dalam memantau pertumbuhan anak, harapannya kasus stunting di Indonesia khususnya di Kabupaten Purbalingga pun berkurang," katanya.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut