get app
inews
Aa Read Next : Anak Pejabat Jadi Korban Penganiayaan, Lapor ke Polresta Banyumas dan Denpom

Berikut 6 Gempa Bumi Terdahsyat di Indonesia, Ada Yang Sampai Menggeser Kutub Utara

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 18:54 WIB
header img
Ilustrasi gempa bumi . (Foto: ilustrasi)

Gempa yang memiliki kekuatan tinggi ini, dirasakan hingga wilayah Padang, Jambi, Pekanbaru, Kuala Lumpur, Malaysia. Selain itu, getarannya juga terasa hingga Bangkok, Thailand.

Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, gempa ini mengakibatkan lebih dari 1.000 orang meninggal dan sekitar 2.391 mengalami luka-luka.

4. Pangandaran

Selain Yogyakarta, di wilayah selatan Pulau Jawa, gempa juga mengguncang Pangandaran yang disusul gelombang pasang pada 17 Juli 2006 silam.

Diduga gempa pertama terjadi pada pukul 15.11 WIB berkekuatan 6,8 SR. Gempa berpusat di Samudra Hindia sekitar 360 kilometer dari selatan Jakarta atau 100 km dari Kota Cilacap, Jawa Tengah. Kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 5,5 SR dan 6,1 SR. Gempa yang melanda wilayah Pangandaran ini berkekuatan ‘moderate’.

Gempa yang awalnya diprediksi tidak menimbulkan tsunami dengan ketinggian lebih dari 5 meter ini ternyata menimbulkan tsunami dengan ketinggian mencapai 21 m. WHO pada saat itu menyatakan jumlah korban yang ditimbulkan dari bencana ini adalah 668 orang tewas, 65 hilang, sementara 9.299 orang mengalami luka-luka.

5. Padang

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut