get app
inews
Aa Read Next : Mantan Pemain Arsenal dan Timnas Jerman Lukas Podolski Kini Jualan Kebab

Jerman Bantai Portugal 4-2, Prancis Imbang, Spanyol Gagal Menang

Minggu, 20 Juni 2021 | 06:40 WIB
header img
Timnas Jerman hempaskan Timnas Portugal

MUNICH, iNews.id - Jerman keluar sebagai pemenang dalam duel big match melawan Portugal yang berlangsung di Stadion Allianz Arena, Munich, Sabtu (19/6/2021). Bertindak sebagai tuan rumah, Der Panzer menggulung Selecao das Quinas dengan skor 4-2 di matchday kedua Grup F Euro 2020.

Sesuai prediksi, pertandingan berjalan sengit sejak menit pertama. Namun Jerman lebih banyak memberi teror ke gawang Portugal yang dijaga Rui Patricio. 

Sementara Cristiano Ronaldo cs dipaksa bertumpu pada serangan balik. Kombinasi antara Kai Havertz, Serge Gnabry, Thomas Muller, dan Robin Gosens benar-benar membuat Portugal kelimpungan. Buktinya pada menit kelima Gosens berhasil menggetarkan jala Rui Patricio memanfaatkan umpang silang Matthias Ginter. Namun  wasit menganulir gol tersebut setelah Thomas Muller terlebih dahulu melakukan handball sebelum mendorong bola ke Ginter.

Asyik menyerang, Jerman justru tertinggal terlebih dahulu setelah Cristiano Ronaldo menjebol gawang Manuel Neuer pada menit ke-15. Berawal dari serangan balik, Bernardo Silva secara cerdik mengirimkan umpan panjang ke Diogo Jota. Penyerang Liverpool itu kemudian mengirimkan umpan tarik yang berhasil dimanfaatkan Ronaldo. Tertinggal satu gol membuat Jerman menggencarkan serangan.

Tepatnya menit ke-35, skuad asuhan Joachim Low kali ini berhasil menggetarkan gawang Rui Patricio. Umpan silang ke tiang jauh Joshua Kimmich disambar Gosens yang kemudian mendorong bola ke depan gawang Portugal. Ruben Dias yang berusaha menghalangi aksi Kai Havertz justru mengirimkan bola ke gawang sendiri.

Empat menit kemudian Portugal justru tertinggal 1-2 kembali melalui gol bunuh diri. Kali ini Raphael Guerreiro justru menjebol gawang sendiri setelah berusaha menghalangi umpan tarik Kimmich. Skor 2-1 untuk Jerman bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Fernando Santos memasukkan Renato Sanches yang menggantikan Bernardo Silva untuk memperkuat lini tengah Portugal. Namun Jerman masih terus membombardir pertahanan Portugal meski sudah unggul 2-1.

Di menit ke-51, aksi Robin Gosens yang mengeksploitasi sisi kanan pertahanan Portugal membuat Kai Havertz hanya membutuhkan satu sentuhan untuk membobol gawang Portugal. Skor 3-1 untuk Jerman.

Tak mau menyerah, Portugal memperkecil kedudukan menjadi 2-4 pada menit ke-67. Berawal dari skema tendangan bebas, Diogo Jota tinggal mencocor bola ke gawang yang sudah kosong memanfaatkan umpan Ronaldo. Untuk mengejar ketertinggalan, Portugal memasukkan Joao Moutinho dan Andre Silva menggantikan Bruno Fernandes serta Diogo Jota. Sementara Jerman yang dalam posisi memimpin langsung mengganti empat pemain dalam kurun waktu 11 menit.

Meski begitu serangan Jerman tak mengendur. Terbukti Leon Goretzka yang menggantikan Kai Havertz menebar ancaman lewat tembakan keras namun bola masih melambung tinggi. Sementara Portugal masih kesulitan menembus pertahanan Jerman. Skor 4-2 bertahan untuk Jerman hingga akhir laga. Hasil ini membuat posisi Portugal di klasemen Grup F melorot ke peringkat ketiga dan Jerman merangsek ke peringkat kedua. Sedangkan posisi puncak ditempati Prancis yang ditahan imbang Hungaria 1-1.

Timnas Spanyol bermain imbang 1-1 dengan Polandia di laga kedua Grup E Euro 2020. Kemenangan Spanyol pupus setelah Robert Lewandowski mencetak gol penyeimbang. Bertanding di Estadio de La Cartuja, Seville, Minggu (20/6/2021) dini hari waktu Indonesia, Spanyol memainkan Morata sebagai starter. Padahal, penyerang Juventus itu dianggap membuang-buang peluang pada matchday pertama. 

Tampil dengan materi pemain seperti itu, Spanyol berhasil membuka keunggulan pada menit ke-25 melalui gol Morata. Gol tersebut sempat dianulir setelah hakim garis mengangkat bendera, namun wasit Daniele Orsato asal Italia mengesahkan gol tersebut setelah mengambil keputusan dibantu VAR. 

Polandia baru bisa merespons gol tersebut di babak kedua. Setelah turun minum, tepatnya di menit ke-54, Robert Lewandowski merobek gawang Spanyol melalui tandukan usai menerima umpan Kamil Jozwiak. Papan skor berubah jadi 1-1. 

Sebelumnya, kejutan terjadi di laga kali ini di mana Hungaria secara tidak terduga berhasil menahan Prancis dengan skor 1-1.

Bermain di Puskas Arena, tim arahan Didier Deschamps bahkan tertinggal lebih dulu di babak pertama. Beruntung, Antoine Griezmann berhasil menciptakan gol penyeimbang di babak kedua.

Hasil ini membuat langkah The Blues -julukan Timnas Prancis- untuk memastikan tempat di babak 16 besar harus tertunda.

Hasil Pertandingan

Hungaria – Prancis                  1-1

Jerman - Portugal                    4-2

Spanyol – Polandia                  1-1
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut