JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Pelaku kreatif di era digital selalu dapat menciptakan peluang pekerjaan baru yang menghasilkan banyak cuan. Para pekerja kreatif ini telah menggantikan sejumlah pekerja lama.
Meski demikian, butuh kejelian untuk menangkap dan memanfaatkan peluang pekerjaan baru di bidang digital ini. Salah satu contoh menangkap peluang itu adalah dengan menjual jasa dan karya lewat internet.
Chief Marketing Officer PT Cipta Manusia Indonesia Annisa Choiriya Muftada, mengatakan di era digitalisasi sekarang ini banyak sekali peluang pekerjaan baru yang bisa dikerjakan dari rumah dan memberikan pemasukan yang luar biasa.
Salah satu contoh profesi pelaku kreatif di era digital, lanjut dia, diantaranya seperti membuat konten (content creator), social media specialist, digital marketing, blogger, trader saham dan investor, pengajar online, serta programmer. Lingkungan kerja dengan konsep digital saat ini lebih fleksibel ketimbang harus bekerja dalam ruang kantor.
"Berdasar Future of Jobs Report di 2020, pada 2025 mendatang akan ada pekerjaan baru yang terus tumbuh menggantikan sejumlah pekerjaan lama. Diprediksi bakal ada permintaan 97 juta pekerjaan baru untuk menggantikan 85 juta pekerjaan lama di 2025,” kata Annisa melalui keterangannya beberapa waktu lalu.
Annisa mengungkapkan, kunci untuk bisa bersaing dalam memperebutkan pasar kerja di era digital adalah kreatif, mampu beradaptasi dengan segala perubahan, serta jeli dalam melihat peluang serta
memanfaatkannya. Salah satu yang cocok adalah berwirausaha atau berdagang secara online. Meski banyak juga pekerjaan freelance yang saat ini tersedia di ruang digital.
Editor : Arbi Anugrah