get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Kenalkan Budaya Banyumas, Mahasiswa Asing UMP Menari Lengger Bareng Warga Desa

Kamis, 10 November 2022 | 19:33 WIB
header img
Kenalkan Budaya Banyumas, Mahasiswa Asing UMP Menari Lengger Bareng Warga Desa. Foto: Arbi Anugrah/ iNewsPurwokerto.id

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Mahasiswa asing dari 16 negara yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengikuti acara Summer Course 2022 di wisata Pertapan Desa Gerduren, Kecamatan Purwojati, Banyumas. Acara yang dikemas dengan nama U-Interact (UMP International Training dan Course) mengangkat tema ‘Banyumas Heritage and Culture’.

Selain diikuti oleh mahasiswa asing dari 16 negara secara daring, kegiatan ini juga diikuti oleh 25 mahasiswa asing secara langsung. Mahasiswa internasional ini diajak dan diperkenalkan langsung tentang budaya Banyumas.

"Summer Course semacam acara tahunan untuk mahasiswa internasional, jadi tema kita tahun ini adalah Banyumas Heritage and Culture. Jadi kita memperkenalkan budaya Banyumas kepada mahasiswa internasional," kata Kepala Biro Urusan Internasional Asst Prof Condro Nur Alim kepada wartawan, Kamis (10/11/2022).

Dia mengatakan, pengenalan budaya Banyumas ini bersifat hybrid, sehingga ada mahasiswa internasional yang langsung datang atau mengikuti melalui zoom. Setidaknya perkenalan budaya Banyumas ini mulai dari tarian Lengger, kerajinan batik hingga kuliner asli Banyumas seperti tempe mendoan.

"Intinya kita ingin budaya adiluhung kita ini tidak hanya dikenal oleh orang-orang kita, akan tetapi ini adalah diplomasi budaya, sehingga kita coba untuk perkenalkan kepada mahasiswa internasional dan masyarakat internasional pada khususnya," ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut