get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswi UIN Saizu Purwokerto Masuk Nominator Duta Baca Jawa Tengah

Tips Membuat Portofolio untuk Melamar Pekerjaan

Selasa, 07 Desember 2021 | 20:30 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id - Masa-masa perkuliahan yang penuh perjuangan menempuh ilmu pun akan tergantikan setelah wisuda, pada tahapan ini akan dituntut untuk mencari kerja. Selain mencari informasi kerja pastikan juga membuat portofolio yang bagus agar HRD tertarik untuk memanggil wawancara.

Portfolio merupakan sekumpulan karya atau proyek yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Jika kamu fresh graduate dan kamu memiliki banyak kegiatan organisasi atau karya selama kuliah, tambahkan pengalaman itu kedalam isi portofolio.

Curriculum vitae (CV) dan portofolio itu biasa dikirim bersamaan saat mencari kerja di suatu perusahaan. Untuk tahap awal, pastikan dulu portofolio yang dibuat dan dikirim itu sesuai dengan perusahaan yang dituju.

Namun, portfolio umumnya digunakan oleh orang-orang yang memang bekerja sebagai pengembang atau di dunia kreatif seperti web developer, penulis, editor, graphic designer, script writer, dan pekerjaan lainnya.

Melansir laman Go Kampus di gokampus.com, untuk membuat portofolio kerja yang menarik ada 4 tips yang bisa disimak.

1. Cantumkan capaian hasil kerja

Tips pertama adalah harus mencantumkan hasil kerja yang telah dibuat selama ini. Perbanyak menggunakan visual dibandingkan tulisan karena visual akan lebih menarik perhatian recruiter dibandingkan tulisan yang serba panjang.

Jangan lupa untuk mencantumkan hasil karya yang paling baru dan lengkap beserta tahun pembuatannya. Selain itu bisa juga menambahkan foto-foto secara profesional saat proses produksi membuat karya tersebut.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut