get app
inews
Aa Read Next : Sultan Andara Raffi Ahmad Bayar Tunggakan Cicilan 3 Bulan Rumah Jessica Iskandar, Amin Katanya

Bikin Tercengang, Perbandingan Gaji Sopir Presiden dengan Driver Hotman Paris dan Raffi Ahmad

Selasa, 15 November 2022 | 07:23 WIB
header img
Mobil Presiden Jokowi tentu saja dikemudikan oleh sopir yang telah berpengalaman, sehingga gajinya tinggi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id – Barangkali masih banyak masyarakat Indonesia yang memadang sebelah mata profesi sopir.

Padahal sejatinya, ada sopir-sopir yang gajinya jauh di atas UMR tertinggi di  Indonesia sekalipun. Memang mereka bukanlah pekerja di kantoran, tetapi tidak kalah dengan mereka yang ngantor setiap harinya.

Berapa banyaj gaji sopir? Tentu saja, ini terghantung di mana dan dengan siapa dia bekerja. 

Melansir dari berbagai sumber, inilah daftar gaji sopir yang membuat tercengang. Karena ada sopir dengan gaji setara pejabat di daerah.

Berikut daftar sopir dengan gaji tinggi:

1. Sopir Presiden RI 

Sopir Presiden RI bukanlah berasal dari warga sembarangan. Sebagai sopir, dia telah melewati berbagai ujian. Sopir presiden merupakan anggota Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) berpangkat Sersan Satu (Sertu). 

Dengan berpangkat Sertu, sopir Presiden RI mendapatkan gaji sebesar Rp20 juta sampai Rp30 juta. Tinggi rendahnya tergantung masa jabatan anggota tersebut. Gaji memang tinggi, karena dia membawa orang nomor satu di republik ini. 

2. Sopir Transjakarta 

Tidak hanya sopir presiden yang bergaji tinggi, melainkan juga sopir bus TransJakarta. Mereka mendapatkan gaji tinggi karena tergabung dalam perusahaan operator bus milik Pemerintah Daerah Jakarta. 

Transjakarta juga dikelola operator bus swasta demi meningkatkan jumlah armadanya. Untuk itu, bayaran yang didapatkan sopir bus Transjakarta berbeda tergantung pada operator mana mereka bekerja. 

Kalau sopir yang bekerja di operator milik pemda, maka sopir bus mendapatkan gaji UMR Jakarta, ditambah dengan jam perjalanan membawa penumpang dan jam bus kosong seperti dari pool ke titik awal, dan dari titik akhir ke pool. Totalnya dapat mencapai Rp10 juta hingga Rp12 juta, itu belum termasuk tunjangan-tunjangan lainnya.

3. Sopir Taksi Online 

Driver online mempunyai pendapatan yang sangat besar. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan MoneySmart terhadap salah satu sopir taksi online, penghasilan sopir taksi online per bulan bisa mencapai Rp15 juta. Tetapi, saat ini pendapatan mereka menurun karena ketatnya persaingan sehingga penghasilan per bulan sopir taksi online saat ini hanya Rp6 juta sampai Rp9 juta. 

4. Sopir Hotman Paris 

Salah satu driver yang nasibnya baik adalah menjadi sopir pengacara kondang, Hotman Paris. Hotman Paris bisa mendapatkan memberikan gaji sampai Rp8 juta. Tapi, itu merupakan gaji kotor, yang artinya belum dipotong biaya lain-lain, seperti iuran kesehatan dan sebagainya. Mereka juga hanya bekerja ketika Hotman Paris ingin menggunakan mobil SUV atau MPV, bukan seperti mobil sport yang biasanya dikendarai sendiri oleh pengacara terkenal tersebut. 

5. Sopir Raffi Ahmad 

Siapa tidak kenal sultan yang satu ini? Raffi Ahmad merupakan pengusaha yang royal terhadap karyawannya. Itu dilakukan supaya merasa nyaman dan betah bekerja dengannya. Sopir artis ternama di Indonesia itu mengungkapkan kalau per bulan dirinya mendapatkan gaji mencapai Rp10 juta. Suami dari Nagita Slavina itu diketahui memiliki koleksi sejumlah mobil mewah seperti Mercedes-Benz, Rolls-Royce Phantom, Alphard, Toyota Fortuner, dan sebagainya. 

Baca juga artikel ini: 5 Sopir Bergaji Tertinggi di Indonesia, Ada yang Mencapai Rp30 Juta

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut