Logo Network
Network

Kisah Anak Petani Banyumas yang Moncer Jadi Pengusaha Otobus 

Muhamad Fadli Ramadan
.
Selasa, 15 November 2022 | 08:30 WIB
Kisah Anak Petani Banyumas yang Moncer Jadi Pengusaha Otobus 
Kisah anak petani Banyumas moncer jadi pengusaha otobus. Foto: Instagram PO Sindoro Satrimas

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id – Tak disangka, seorang pengusaha sukses yang bergerak di sektor perusahaan otobus (PO) dulunya merupakan orang desa dan anak dari seorang petani Banyumas.

Dia adalah pendiri PO Sindoro Satriamas, Soedarmo Atmo Prawiro. Berdasarkan penuturan di kanal Yotuber Mas Tompel Transportation, sesungguhnya Soedarmo Atmo Prawiro bukanlah lahir dari orang tua berada. Sebaliknya, dia merupakan seorang anak petani di Banyumas, sebuah kabupaten di Jawa Tengah.

Laki-laki kelahiran 1948 itu nekad untuk mengadu nasib ke Semarang untuk memperbaiki kehidupan keluarga. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya dia berhasil membangun sejumlah usaha. Kini, dia menjadi bos PO bus asal Semarang. 

Armada mewahnya yang melayani penumpang kelas VIP dengan ciri khas bus berwarna merah. 

Saat sekarang, Soedarmo tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Jawa Tengah dengan total kekayaan sebesar Rp49 miliar. Itu berdasarkan catatan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) pada 2005. 

Soedarmo tidak hanya mempunyai jasa transportasi, namun dia juga pernah terjun ke dunia politik dan berbagai organisasi dengan menjabat sebagai ketua KONI Jateng periode 2008-2012. Bahkan, dia pernah mencalonkan diri sebagai Wali Kota Semarang bersama Ahmad Musyafir. 

Bagaimana awal kisah perjuangan Soedarmo? Ketika awal berdiri, Sindoro Satriamas merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaan dump truck dan trailer. 

Dengan berkembangnya usaha tersebut, maka dia mengembangkan bisnisnya. Soedarmo membuka penyewaan bus pariwisata melayani perjalanan ke seluruh Indonesia. 

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini