get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Ganjar Cek Jalur Alternatif Banyumas-Brebes yang Terputus, Upayakan Jembatan Sementara

Rabu, 23 November 2022 | 14:00 WIB
header img
Ganjar Cek Jalur Alternatif Banyumas-Brebes yang Terputus, Upayakan Jembatan Sementara. Foto: Humas Jateng

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau langsung jalan alternatif Banyumas-Brebes yang terputus akibat longsor di Desa Samudra Kulon, Kecamatan Gumelar, Rabu (23/11/2022). Jalan alternatif penghubung dia wilayah itu putus pada pada Jumat (18/11) lalu.

Ganjar yang tiba di lokasi melihat badan jalan yang telah dipasang garis pembatas. Longsoran badan jalan tersebut setidaknya memiliki panjang mencapai sekitar 25 meter dengan kedalaman tebing dan sungai yang mencapai lebih dari 50 meter.

Putusnya jalan itu, kata warga, melumpuhkan perekonomian. Sebab jalan itu merupakan penghubung Kecamatan Gumelar dengan Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Ganjar didampingi Bupati Banyumas, Achmad Husein juga berdialog dengan warga yang terisolasi. Pasalnya, jalan tersebut adalah jalur utama yang biasa digunakan warga sehari-hari.

“Bupati sebenarnya sudah menyiapkan perbaikan jalan, sudah bagus. Ini lagi kita siapkan desain agar kita carikan jalan alternatif,” kata Ganjar.

Ditambahkan, kontur dan posisi jalan berada di lereng bukit dan kemiringan yang cukup tinggi menjadi penyebab longsor. Salah satu alternatif yang dipertimbangkan adalah membuat jalan memutar.

“Mungkin diputar karena ini ada punggungan bukit di sebelahnya, tanahnya Kodam. Jadi nanti kita bisa komunikasi dengan Pangdam atau kemudian tetap di sini,” tuturnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut