get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Pertamina Bantu 25 Desa Energi Berdikari pada Ecorunfest, Termasuk Konservasi Penyu di Cilacap

Senin, 28 November 2022 | 20:01 WIB
header img
Pertamina Bantu 25 Desa Energi Berdikari pada Ecorunfest, Termasuk Konservasi Penyu di Cilacap. Foto: Dok Pertamina

Salah satunya dengan mengedukasi masyarakat desa untuk menyulap eceng gondok menjadi kerajinan tangan, kursi sofa dan produk kerajinan lainnya.

Selain itu, pihaknya juga membantu penataan kawasan desa menjadi ekowisata yang ramah lingkungan. Semuanya menggunakan energi bersih yang bebas emisi.

Sementara untuk konservasi penyu di Pantai Sodong, Kabupaten Cilacap diinisiasi Pertamina pada tahun 2019 dengan melakukan studi konservasi penyu Lekang. Selian itu dilakukan pembuatan baseline dan pembuatan batas-batas areal konservasi.

Pada tahun 2020, program ini dilanjutkan dengan membuat pusat konservasi dan edukasi penyu dan memberdayakan warga lokal sebagai aktor konservasi.

Pada tahun 2021 Pertamina juga menyiapkan lokasi wisata konservasi penyu yang dikembangkan lebih lanjut pada tahun 2022 dengan pengembangan wisata edukasi.

"Pertamina terus melakukan program konservasi fauna. Sekarang sudah ada 60 program dan 260 spesies fauna yang kita konservasi. Karena kalau tidak kita lakukan akan mengalami kepunahan," Pungkasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut