get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Pertamina Bantu 25 Desa Energi Berdikari pada Ecorunfest, Termasuk Konservasi Penyu di Cilacap

Senin, 28 November 2022 | 20:01 WIB
header img
Pertamina Bantu 25 Desa Energi Berdikari pada Ecorunfest, Termasuk Konservasi Penyu di Cilacap. Foto: Dok Pertamina

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Pertamina menyalurkan bantuan kepada 25 Desa Energi Berdikari untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan yang ramah lingkungan. Selain desa energi berdikari, Pertamina juga membantu melakukan konservasi penyu di Pantai Sodong, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan Pertamina membantu pengembangan desa energi berdikari untuk mengoptimalkan penggunaan sumber energi yang ada di desa tersebut demi kemandirian desa masing-masing. Bantuan yang diberikan Pertamina senilai Rp 5,6 miliar untuk membina 25 Desa Energi Berdikari di 12 provinsi di Indonesia.

"Jadi selain mengidentifikasi, kita bantu, kita bina, dan dananya kita berikan. Kita berharap konsep kemandirian energi ini bukan hanya skala besar, tapi juga harus mulai dari desa-desa," ujar Nicke dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/11/2022).

Dia juga mengajak masyarakat di desa-desa ini untuk memanfaatkan energi bersih seperti surya, biogas, microhydro, biodiesel dan angin, untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Dengan demikian desa bisa tumbuh berdikari dan tingkat ekonominya pun akan meningkat.

Bantuan yang diberikan Pertamina sebagai bagian dari upaya perseroan memberikan kembali kepada masyarakat (in giving back to the community).

Dengan memberdayakan masyarakat di desa mandiri energi, bertujuan agar mereka dapat mandiri secara ekonomi. Masyarakat diberikan edukasi bagaimana mengolah sumber daya alam, termasuk sampah untuk diolah menjadi barang bernilai ekonomi.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut