get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Kenapa Harga Kopi Starbucks Mahal

Ciptakan Robot Barista, Pengusaha Kedai Kopi Ini Raup Cuan Rp500 Miliar

Jum'at, 10 Desember 2021 | 20:11 WIB
header img
Robot Ella, robot barista kopi otonom pertaman (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.idKeith Tan (41) harus meninggalkan pekerjaan sebagai manajer keuangan dan membuka jalan sukses dengan membangun bisnis kedai kopinya. Siapa sangka keputusan yang dibuatnya pada 2015 itu, telah membawanya menjadi salah satu pengusaha muda sukses di Singapura. 

“Saat itu saya berusia 35 tahun (pada 2015), dan menjadi manajer keuangan. Saya berpikir, ini kesempatan saya untuk melakukan sesuatu, membangun sesuatu (bisnis, Red) untuk diri saya sendiri,” ucap Keith Tan.

Hanya dalam waktu 6 tahun merintis bisnisnya, Keith Tan kini dikenal sebagai CEO sekaligus pendiri Crown Digital, perusahaan rintisan teknologi yang dikenal sebagai pembuat robot Ella, robot barista kopi otonom pertama, yang kini beroperasi di sejumlah stasiun kereta bawah tanah dan kawasan bisnis di Singapura dan Jepang. 

Dalam wawancara dengan CNBC, Keith Tan menjelaskan, pembuatan robot Ella merupakan idenya. Hal itu muncul saat dia menghadapi kesulitan tenaga kerja khususnya barista di masa awal merintis bisnis kedai kopi pada 2015. 

Saat itu, Keith Tan memiliki 4 kedai kopi yang tidak dapat beroperasi maksimal melayani pelanggan dan menjual kopi karena kekurangan tenaga baristra. Keith pun kemudian berpikir untuk mencari solusi dan tertarik menggunakan teknologi robot guna mengatasi masalah tersebut. 

Dia pun memutuskan untuk membuat robot barista. Setelah mengumpulkan modal dan melakukan berbagai eksperimen, idenya untuk membuat robot barista kemudian direalisasikan melalui kerja sama dengan perusahaan robotika, Techman Robot, yang berbasis di Taiwan, pada 2018.

“Kami memiliki empat toko yang menghadapi krisis tenaga kerja, dan saya berpikir, 'Saya baru saja berinvestasi di perusahaan ini, itu akan tumbuh, itu akan tumbuh lebih dari itu! Jadi, saya memutuskan sudah waktunya untuk benar-benar melihat ke dalam teknologi,” kata Keith Tan, kepada CNBC, Rabu (8/12/2021).

Robot barista itu, diberi nama Ella. Keith Tan pun mendirikan perusahaan rintisan Crown Digital, yang luas memasarkan kopi melalui robot barista Ella yang beroperasi otomatis di kios transparan. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut