get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Kemensos dan Komisi 8 DPR Salurkan 148 Alat Bantu

Minggu, 04 Desember 2022 | 09:12 WIB
header img
Peringati Hari Disabilitas Internasional, Kemensos dan Komisi 8 DPR Salurkan 148 Alat Bantu. Foto: ist

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Bertepatan dengan Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Kementerian Sosial melalui Sentra "Satria" Baturraden menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) pada Sabtu (03/12/2022). Penyaluran bantuan itu berupa Alat Bantu Disabilitas bagi 148 penyandang Disabilitas Kabupaten Banyumas.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Wastam yang ikut menyaksikan penyaluran bantuan tersebut menyambut positif atas upaya Kementerian Sosial untuk meningkatkan kesejahteraan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Disabilitas di Kabupaten Banyumas.

"Kita harus apresiasi sebesar-besarnya untuk Kementerian Sosial. Mulai sekarang hampir semua orang yang mengalami keterbatasan sangat diperhatikan sekali oleh Kementerian Sosial dan Balai-balai dibawahnya," kata Wastam di The Forest Island Baturraden, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/12/2022).

Alat Bantu Disabilitas yang diberikan antara lain adalah 3 Motor Roda Tiga, 75 Kursi Roda, 10 Tongkat Penuntun Adaptif, 30 Alat Bantu Dengar dan 30 Tongkat Kaki Tiga. Total bantuan mencapai Rp 263.504.400.

Darmanto, Kepala Sentra "Satria" di Baturraden menjelaskan dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun ini, selain penyaluran bantuan, Sentra "Satria" di Baturraden juga akan melaksanakan serangkaian kegiatan. 

"Kami juga akan mengadakan Bakti Sosial Operasi Katarak bagi lansia yang belum memiliki BPJS baik BPJS Mandiri maupun PBI. Tanggal 7 Desember 2022 akan diadakan screening awal di Aula Workshop ATENSI Sentra "Satria" Baturraden. Silakan menghubungi tim kami. Informasi dapat diperoleh melalui media sosial kami dan tanggal 12 Desember pelaksanaan Operasi di RS Khusus Mata Purwokerto. Kami memfasilitasi semuanya...gratis," ungkapnya.

Selain itu akan dilaksanakan upaya Pembebasan Pasung bagi seorang anak yang menderita gangguan kejiwaan di Cilacap bekerjasama dengan RSUD Margono Soekarjo agar segera mendapatkan penanganan medis.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022 ini diimplementasikan Kementerian Sosial melalui Program Indonesia Mendengar, Indonesia Melihat dan Indonesia Melangkah.

Hal ini merupakan komitmen pemerintah dalam mewujudkan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas sehingga mendorong terciptanya masyarakat yang inklusif. 

Diharapkan dengan kondisi lingkungan yang kondusif akan mendorong para penyandang disabilitas berkontribusi secara maksimal untuk perkembangan dan kemajuan bangsa.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut