get app
inews
Aa Read Next : Cilacap Punya Dokumen Rencana Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

Beredar Kabar Erupsi Semeru Sebabkan Tsunami, Begini Faktanya

Senin, 05 Desember 2022 | 10:18 WIB
header img
Tangkapan layar erupsi Semeru

LUMAJANG, iNewsPurwokerto.id - Telah beredar kabar kalau erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur (Jatim) menyebabkan tsunami. Kabar tersebut langsung dibantah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) 

"Kabar yang beredar bahwa erupsi Semeru dapat menyebabkan tsunami adalah tidak benar," tulis akun Twitter PVMBG, Minggu (4/12/2022). 

Menurutnya, awan panas guguran Gunung Semeru menjangkau kurang lebih 13 kilometer ke arah tenggara dan tidak sampai ke laut. 

"Dampak erupsi saat ini adalah abu vulkanik yang dapat mendampak bagian barat daya, barat, dan selatan Gunung Semeru,"lanjutnya seperti dikutip iNews.id dari Antara. 

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lumajang Joko Sambang mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terpancing dengan informasi yang tidak bertanggung jawab mengenai aktivitas Gunung Semeru. 

"Kami imbau masyarakat mengikuti arahan dari instansi yang berwenang yakni Badan Geologi yang akan terus melakukan koordinasi dengan BPBD di daerah," kata dia.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut