get app
inews
Aa Read Next : Rombongan Pengajian Gus Iqdam Kecelakaan, Mobil Terjun ke Jurang di Malang, 7 Orang Luka

Mengintip Kampung Biru Arema Malang, Destinasi Wisata Mirip di Santorini Yunani

Selasa, 20 Desember 2022 | 11:02 WIB
header img
Kampung Buru Arema. Foto : Instagram@ayodolan)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kampung biru Arema di Malang, menjadi salah satu destinasi wisata menarik tujuan wisatawan saat berkunjung ke Kota Bunga. Bukan hanya kampung warna warni di Jodipan saja yang menarik perhatian, namun kampung biru Arema yang tepat di seberangnya juga turut mencuri perhatian. 

Kampung unik di Malang yang terletak di Embong Brantas ini diresmikan pada 6 Februari 2918 lalu. Di kampung tematik ini ada sekitar 500 rumah bercat biru sehingga terlihat Instagramable.

Bahkan banyak yang menyebut jika kampung unik di Malang ini mirip dengan Santorini di Yunani. Sebab, pada setiap sudut tempat di Kampung unik ini berwarna biru.

Selain berwarna biru, keunikan lain yang tampak dari Kampung Biru Arema ini adalah adanya gambar - gambar tiga dimensi yang terlukis di setiap sudut tembok rumah. Hanya saja, gambar yang yang disajikan adalah gambar para pemain legenda klub sepak bola Arema, sehingga pengunjung yang merupakan penggemar klub bola bisa berfoto dengan tokoh yang diinginkan.

Lantas, seperti apa keunikan dari Kampung Biru Arema? Berikut ulasannya seperti dirangkum iNews.id pada Selasa (20/12/2022).

Kampung Biru Arema

Singgah ke Kampung Biru Arema akan terasa beda dan takjub. Sebab, ketika memasuki kawasan ini, Anda akan melihat semua rumah dengan dinding berwarna biru.

Warna biru ini bukan hanya terlihat di tembok saja, tetapi mulai dari ujung genteng hingga ujung pintu. Ini yang membuat perkampungan menjadi salah satu yang memiliki nilai keunikan tersendiri.

Berbagai lukisan mural tersaji di dinding kampung, hingga membuat suasana semakin seru. Ada berbagai pemain legend dari klub sepak bola Arema yang menjadi karakter pada lukisan mural-mural tersebut.

Bahkan, wisatawan atau pengunjung dapat berswafoto dengan latar mural, atau berfoto dengan jejeran rumah berwarna biru yang bisa terlihat dari ketinggian. 

Saat memasuki perkampungan ini, Anda akan disambut dengan menuruni beberapa anak tangga, kemudian pada sisi kanan terdapat mural Singo Edan yang tak lain merupakan julukan bagi klub bola Malang, Singo Edan ini memang menjadi identitas bagi Arema

Kampung unik di Malang ini juga memiliki seni origami permanen yang menempel pada dinding pintu masuk kampung. Hanya ada empat di dunia. Menjelajahi Kampung Biru, Anda akan menemukan banyak deretan sudut-sudut yang Instagramable.

Bukan hanya itu, masyarakat di Kampung Biru Arema FC juga cukup kreatif dan produktif. Seperti ibu -ibu PKK warga RT 6/RW 6, yang mengelola permainan edukasi, dan mengusahakan terbentuknya urban farming. Mereka bahkan menanam berbagai macam sayuran yang juga dibudidayakan pada RT lainnya. 

Pada akhir pekan, para ibu-ibu ini biasanya juga melakukan kegiatan untuk menghasilkan berbagai macam suvenir khas Kampung Biru Arema, Diantaranya seperti gantungan kunci, pot bunga, konektor, trophy, berbagai macam sepatu dan tas lukis.

Untuk mencapai Kampung Biru Arema ini cukup mudah. Ketika berada di Kampung Warna Warni atau kampung Tridi, wisatawan cukup berjalan kaki di tanggul yang terletak di bawah jembatan atau datang langsung ke Jalan Embong Brantas, Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Demikian ulasan Kampung Biru Arema. Semoga informasi terkait kampung unik di Malang ini bermanfaat dan menambah informasi bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahi Kampung Biru di Malang.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut