get app
inews
Aa Read Next : Siapapun Dapat Kuliah di UMP, Rektor Sambut Siswa SMA Maarif NU Jatinegara Tegal

UMP Terus Komitmen Dampingi UMKM Termasuk dalam Sertifikasi Halal

Minggu, 08 Januari 2023 | 12:58 WIB
header img
Universitas MUhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas terus berkomitmen untuk melakukan pemberdayaan terhadap UMKM. (Foto: iNewsPurwokerto)

Di tempat yang sama, Ketua Sentra Halal UMP Diniatik mengatakan pihaknya sebagai pendamping UMKM teruas mendorong adanya proses sertifikasi halal. “UMP bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah (Aspikmas) Banyumas untuk mendorong pelaku usaha agar mengurus sertifikasi halal,”katanya.

Menurutnya, sertifikasi halal UMP Purwokerto dalam bidang angan sehingga para pelaku usaha UMKM yang berkecimpung di dunia kuliner diarahkan untuk memiliki sertifikat halal dan tidak perlu memiliki PIRT.

"Syarat utama yakni memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), bahannya halal dan proses produknya halal. Seperti minuman, jus, pangan cepat saji, dimsum dan makanan packing kecil bisa mendaftar ke Sentra Halal UMP Purwokerto,”ujarnya.

Bupati Banyumas Achmad Husein menyatakan apresiasi terhadap pendampingan yang dilakukan oleh UMP dan menyediakan tempat bagi pelaku UMKM untuk berdagang. “Saya kira kalau sudah bertahan selama satu tahun dalam Sunmor UMP, itu sudah menunjukkan ketangguhannya,”tandasnya. 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut