get app
inews
Aa Read Next : Sederet Amalan Sunah di Hari Jumat, Menambah Pahala Jika Dikerjakan

Amalan Hari Jumat Agar Makin Dekat dengan Nabi Ketika Kiamat

Jum'at, 17 Desember 2021 | 11:01 WIB
header img
Hari Jumat merupakan hari yang penuh keberkahan sudah diketahui kaum Muslimin.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS Surah Al Ahzab 56) 

Kemudian akan diperlihatkan kedudukan yang istimewa bagi Muslim yang bersalawat kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Seperti dijelaskan dalam riwayat hadis berikut ini: أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً 

Artinya: "Perbanyaklah salawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena salawat umatku akan diperlihatkan kepadaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR Baihaqi dalam kitab Sunan Al Kubro. Hadis ini hasan ligoirihi yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya)

Wallahu a'lam bishawab.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut