get app
inews
Aa Read Next : Daftar Harga Gift TikTok, Begini Cara Tukar Koin Jadi Uang

Kisah 5 Pemuda Berani Kotor Bersihkan Sungai dari Sampah, Viral di TikTok Tembus Jutaan Penonton

Kamis, 19 Januari 2023 | 15:57 WIB
header img
Kisah 5 Pemuda Berani Kotor Bersihkan Sungai dari Sampah, Viral di TikTok Tembus Jutaan Penonton. Foto: Instagram @pandawaragroup

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Beberapa waktu belakangan viral lima pemuda yang dengan gigihnya membersihkan aliran sungai dari sampah yang menumpuk. Bahkan, video lima pemuda tersebut viral di TikTok hingga ditonton lebih dari 65 juta.

Akun TikTok mereka di @pandawaragroup bahkan sudah mencapai 3,9 juta pengikut dan 51,7 juta suka. Bukan hanya viral di TikTok dan Instagram, kelima pemuda asal Bandung itu juga sampai dibahas oleh YouTuber luar negeri MrBetst. 

Mereka mendapatkan banyak apresiasi dari netizen karena berani kotor dengan aksi bersih-bersih sampah itu. Netizen menyebut jika konten mereka dinilai sangat inspiratif dan juga edukatif.

Kelima pemuda tersebut menamakan dirinya Pandawara Group, mereka terdiri dari Rafly Pasya (22), Agung Permana (22), Rifki Sa'dulah (22), Muchamad Ikhsan (21) dan Gilang Rahma (22). Nama Pandawara sendiri mereka ambil dari cerita pewayangan Mahabarata Pandawa Lima, dan Wara dalam bahasa Sunda yang berati kabar baik.

Kisah kelima pemuda yang berani kotor hingga membersihkan sungai tersebut berawal dari banjir. Mereka merupakan tetangga yang bersahabat dalam satu lingkungan yang menjadi korban banjir.

"Awal mulanya itu memang kegiatan kita, jadi sebelum membuat konten kita sudah melakukan kegiatan tersebut. Karena kita berlima merupakan korban dari masalah sampah, hingga menyebabkan banjir," kata Gilang saat menceritakan kisahnya seperti dikutip iNewsPurwokerto.id dari akun YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, Kamis (19/1/2023).

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut