get app
inews
Aa Read Next : Kejari Purbalingga Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana 

Keren, Serundeng Cap Koki Tembus Singapura dan Amerika Serikat

Jum'at, 17 Februari 2023 | 07:43 WIB
header img
Produk kuliner Purbalingga menembus pangsa pasar manca negara. Produk itu adalah Serundeng Cap Koki yang berhasil masuk pasar Singapura dan Amerika Serikat. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Produk kuliner Purbalingga menembus pangsa pasar manca negara. Produk itu adalah Serundeng Cap Koki yang berhasil masuk pasar Singapura dan Amerika Serikat.

Produk Serundeng Cap Koki merupakan salah satu produk olahan yang sebelumnya terkenal dengan produk abonnya yakni Perusahaan Abon Cap Koki Purbalingga. 

Salah seorang poemiliknya Momo mengatakan bahwa pada awalnya perusahaan memproduksi abon. Kemudian ada diversifikasi produk dengan membuar serundeng. Ternya, produk serundeng juga laku di pasaran, bahkan menembus Amerika Serikat dan Singapura. 

Momo memastikan bahwa serundeng produknya diolah secara khusus dan memenuhi standar keamanan pangan. Jelas saja dijamin juga higienitasnya. 

Serundeng hasil produksi Perusahaan Abon Cap Koki Purbalingga mempunyai cirikhas tekstur lembut dan renyah dan gurih dengan perpaduan kacang tanahnya yang aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Harganya juga terjangkau, hanya Rp22 ribu per 100 gram.

Selain serundeng, pihaknya juga melayani pesanan abon ke luar negeri. “Kami mendapat pesanan abon sapi ke negara Qatar, namun harus digoreng dengan  miyak zaitun. Hal ini dilakukan dikarenakan lidah mereka kurang suka gurih dan pedas, sehingga dibuatkan produk khusus,”paparnya pada Kamis (16/2/2023).

Kapasitas produksi setiap harinya lanjut Momo kurang lebih 30-40 kilogram dengan melibatkan 15 karyawan dan akan ditambah seiring besarnya jumlah pesanan. Pesanan bertambah jika memasuki lebaran Idul Fitri yang dijual melalui reseller, ditoko-toko modern dan toko oleh-oleh di Purbalingga.

“Selain melalui reseller sebagai strategi pemasaran utama, kami juga menjualnya di e-commerce, media sosial dan website. Kemudian juga mengikuti berbagai lomba olahan makan yang dilakukan oleh berbagai instansi, hal ini digunakan untuk peningkatan brand abon koki di pangsa pasar,”kata dia.

Untuk mengembangkannya diperlukan riset yang mendalam, terkait pangsa pasar, kualitas produk, strategi pemasaran dan meningkatkan kompetensi SDM, baik di produksi maupun di pemasarannya. “Semoga UMKM Purbalingga terus berkembang dan berjalan, seperti filosofi hidup urip sing urup, yakni hidup untuk menghidupkan banyak orang,”katanya.

Ternyata Perusahaan Abon Cap Koki mulai dirintis pada tahun 1968 oleh Hj Pujiati Imam Subagyo dengan produk utama abon sapi Cap Koki. Seiring dengan perkembangannya usaha ini maka dilakukan penambahan lini produk baru yaitu kering kentang, bumbu pecel dan serundeng.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut