get app
inews
Aa Read Next : Mengapa Hari Jadi Banyumas Ditetapkan pada 22 Februari? 

Festival Kentongan Semarak, Jalan Jenderal Soedirman Jadi Lautan Manusia

Sabtu, 25 Februari 2023 | 06:05 WIB
header img
Aksi peserta pawai kentongan. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Festival kentongan atau pawai kentongan yang diselenggarakan setelah pandemi Covid-19 mereda benar-benar semarak. Di Jl Jenderal Soedirman sepanjang 2 km yang dilewati pawai, warga begitu antusias menonton, bahkan menjadi lautan manusia.

Ribuan penonton mulai dari anak kecil sampai dewasa duduk dan berdiri di sepanjang jalan yang dilewati poawai kentongan.

Pawai kentongan dibuka oleh Bupati Banyumas Achmad Husein didampingi Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono. Festival kentongan yang dimulai pada Jumat (24/2/2023) malam sekitar jam 20.00 tersebut dihadiri juga Forkopimda dan presenter kondang Andi F Noya.

Festival kenthongan yang diikuti oleh 31 kelompok kentongan dari 4 eksibisi dan 27 peserta utusan kecamatan se-Kabupaten Banyumas. Pawai kentongan tersebut selain digelar dalam rangka menyemarakan Hari Jadi Banyumas ke-452 juga sebagai upaya melestarikan budaya lokal dan mengenalkannya kepada masyarakat Banyumas secara luas.

Bupati Husein mengatakan bawah festival ini diselanggarakan sebagai upaya memajukan alat musik tradisional Banyumas.

"Dengan di adakan kembali festival kentongan ini semoga kentongan atau alat musik asli Banyumas maju dan semakin dikenal luas oleh masyarakat Banyumas pada khususnya dan masyarakat lain pada umumnya sebagai daya tarik tersendiri,”katanya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut