get app
inews
Aa Read Next : Lagi Rapat Anggota Parlemen Ukraina Ledakan 3 Granat Tangan, 26 Politikus Langsung Tumbang

Drama Babak Tambahan dan Kartu Merah, Ukraina Kalahkan Swedia

Rabu, 30 Juni 2021 | 08:16 WIB
header img
Tim Ukraina yang sukses mengalahkan Swedia. (Foto: Reuters)

GLASGOW, iNews.id – Ukraina lolos ke perempat final Euro 2020 secara dramatis. Pencapaian apik didapat usai mereka menang 2-1 atas Swedia via babak tambahan fase 16 Besar di Hampden Park, Glasgow, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB.

Di fase delapan besar tim asuhan Andriy Shevchenko itu akan berhadapan dengan Inggris. The Three Lions melaju usai menyingkirkan Jerman 2-0.

Begitu pertandingan dimulai, Swedia langsung berusaha menekan. Mereka kemudian memperoleh peluang pada menit ketujuh. Sayang, tembakan Dejan Kulusevski bisa dihalau lini belakang Ukraina.

Menyadari lawan yang begitu agresif, Ukraina langsung mempercepat tempo serangannya. Mereka nyaris mendapatkan gol pada menit ke-11. Tetapi, tembakan Roman Yaremchuk mampu ditepis kiper Swedia, Robin Olsen. Akhirnya Ukraina berhasil unggul pada menit ke-27.

Tembakan first-time Oleksandr Zinchenko sukses menjebol gawang Swedia. Olsen sempat menghalaunya, namun dia tak menangkapnya dengan sempurna sehingga bola terpantul dan masuk ke gawangnya. Kejadian itu membuat para penggawa Ukraina makin bersemangat.

Mereka nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-32. Namun, tembakan Andriy Yarmolenko hanya melambung. Memasuki lima menit sebelum turun minum, Swedia makin ganas dalam menyerang.

Mereka bahkan sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-43. Emil Forsberg sukses menyamakan kedudukan, usai memaksimalkan umpan kiriman Alexander Isak skor bertahan hingga babak pertama usai.

Swedia kembali bermain agresif begitu babak kedua dimulai. mereka pun terus mengancam pertahanan Ukraina. Sayang, peluang yang mereka buat belum bisa berbuah gol. Seperti pada menit ke-54, Swedia mendapat peluang melalui Sebastian Larsson.

Meski begitu, tembakan keras Larsson itu belum menemui sasaran dan melebar ke sisi gawang. Tim asuhan Janne Andersson itu terus berusaha untuk mencari celah. Mereka hampir berbalik unggul pada menit ke-66.

Namun, tendangan Dejan Kulusevski bisa ditangkap oleh kiper Ukraina, Georgi Bushchan. Ukraina kemudian berusaha untuk menyerang balik. Mereka berusaha untuk menembus pertahanan Swedia.

Tetapi, tembakan Taras Stepanenko masih belum menemui sasaran. Memasuki 10 menit terakhir waktu normal, tempo permainan yang ditampilkan kedua tim tampak menurun.

Akibatnya, baik Swedia dan Ukraina kesulitan membuat peluang, dan tak ada gol tambahan hingga babak kedua berakhir. Duel terpaksa berlanjut ke babak tambahan. Kedua tim bermain sama-sama ngotot pada babak tambahan waktu. Sejumlah tekel keras pun mulai beterbangan.

Hal itu pun membuat Swedia harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-99. Marcus Danielson menekel keras Artem Besedin. Wasit awalnya memberi kartu kuning, namun mengubah keputusannya usai melihat VAR.

Dia menilai tekel Danielson terlalu keras, dan langsung menggantinya dengan kartu merah. Meski unggul jumlah pemain, Ukraina masih kesulitan untuk menemukan celah. Akibatnya, kedudukan pun tak mengalami perubahan sampai babak tambahan waktu pertama berakhir.

Ukraina berusaha untuk memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menyerang. Namun, permainan bertahan yang diterapkan oleh Swedia membuat Ukraina kesulitan. Peluang untuk mencetak gol penentuan kemudian datang pada menit ke-111.

Sayang, tendangan keras yang dihasilkan Artem Dovbyk dapat dihalau dengan baik oleh Olsen. Akhirnya Ukraina berhasil memimpin pada menit ke-121, Artem Dovbyk menanduk bola untuk mencetak gol, meneruskan umpan kiriman Zinchenko. Gol itu menjadi akhir laga.

SUSUNAN PEMAIN

SWEDIA (4-4-2) Robin Olsen; Mikael Lustig (Emil Krafth 83), Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson ( Pierre Bengtsson 83); Sebastian Larsson, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg; Dejan Kulusevski, Alexander Isak.  Pelatih: Janne Andersson

UKRAINA (4-3-3) Georgi Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Sergey Krivtsov, Mykola Matvyenko; Oleksandr Zinchenko, Taras Stepanenko, Serhiy Sydorchuk; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Mykola Sharapenko (Ruslan Malinovskyi 61) Pelatih: Andriy Shevchenko
 

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut