get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Banyumas Raih Kehumasan Terbaik Kedua di Jawa Tengah

PNS Pemkab Banyumas Ikuti Pengajian Ramadan, Ustad: Perbaiki Budaya Konsumtif saat Puasa

Jum'at, 24 Maret 2023 | 17:08 WIB
header img
PNS Pemkab Banyumas Ikuti Pengajian Ramadhan, Ustad: Perbaiki Budaya Konsumtif saat Puasa. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Dalam rangka mengisi rangkaian kegiatan Amaliyah Ramadan di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Banyumas. Puluhan PNS di Setda Kabupaten Banyumas mengikuti pengajian Ramadan yang disampaikan oleh Ustad Mintaraga Eman Surya, LC, Jumat (24/3/2023) di Pendopo Si Panji Purwokerto.

"Pengajian Amaliyah Ramadan kali ini merupakan kali pertama dan akan dilaksanakan Setiap Hari Jumat selama bulan Ramadan," kata Kabag Kesra Setda Banyumas Suwondo, dalam keterangannya.

Dalam tausiahnya, Ustad Mintaraga menyampaikan dengan pembawaan yang santai tetapi serius, serta diselingi canda. Mengawali pengajian secara berkelakar mengatakan bahwa banyak orang Banyumas yang gagal berpuasa. Hal ini ditandai dengan banyaknya sampah yang menumpuk justru di saat bulan puasa.

"Hakikat puasa sejatinya adalah untuk melatih diri seefisien mungkin dalam menjalani kehidupan menuju terbentuknya pribadi yang utama (ketaqwaan), namun ternyata justru banyak yang menambah kebutuhan, sehingga budaya konsumtif di bulan Ramadan harus diperbaiki," jelasnya.

Lebih lanjut Ustad Mintaraga mengajak kepada para PNS yang hadir untuk mengubah pola puasa saat ini.

"Kalau menyimak hakikat diatas tentunya ada yang salah dalam puasa kita selama ini, karena fenomena yang ada menunjukkan peningkatan kebutuhan justru disaat puasa" kata ustad Mintaraga.

Menurutnya, dengan kebutuhan dan sampah yang meningkat, menunjukan bahwa tidak ada efisiensi dalam bulan puasa ini, tetapi justru peningkatan kebutuhan. 

"Padahal Nabi Muhammad SAW mencontohkan bahwa saat berbuka beliau hanya memakan tiga buah kurma. Tentu itu harus menjadi tauladan bagi kita, bahwa saat berbuka kita tidak berlebihan," lanjutnya.

Ia juga memastikan, bahwa manusia itu sangat cukup untuk untuk makan 2 kali. Sehingga bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan saat menjalankan Ibadah Puasa.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut