get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Alokasikan Rp9,2 Miliar Beli 154 Ribu Lebih Zak Semen

Ini 5 Fokus Pembangunan di Kebumen tahun 2024 Mendatang

Rabu, 29 Maret 2023 | 07:31 WIB
header img
Pemkab Kebumen menggelar Musrenbang tahun 2024. Ada lima hal yang menjadi fokus pembangunan tahun depan. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id - Pemkab Kebumen menggelar Musrenbang tahun 2024. Ada lima hal yang menjadi fokus pembangunan tahun depan.

Dalam Musrenbang yang digelar Selasa (28/3/2023) tersebut, dihadiri oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Pejabat Bappenas, Bappeda Provinsi, Ketua Komite Ekraf, jajaran Forkompinda, Pimpinan OPD, Camat, Lurah/kepala desa, dari unsur BUMN/BUMD, dan juga ormas.

Dalam arahannya Bupati mengatakan bahwa tema pembangunan di 2024 adalah “Pemantapan dan pengembangan kualitas infrastruktur dalam rangka peningkatan sektor pertanian, industri dan jasa melalui peningkatan kualitas pelayanan publik serta peningkatan kualitas sumber daya manusia”.

Sehingga ada lima prioritas pembangunan di Kebumen, yaitu:

1. Meningkatkan kualitas pelayanan publik
Bupati meminta kepada seluruh jajaran ASN agar lebih berorientasi pelayanan. Birokrasi yang diharapkan harus lebih lincah dan adaptif menghadapi setiap perubahan di era disrupsi saat ini. Terlebih dengan diterapkannya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Alhamdulillah kemarin SPBE kita masuk 10 besar nasional dan telah diberikan penghargaan Digital Government Award 2023 dari Menteri PANRB. Ini harus ditingkatkan dalam menjaga mutu pelayanan publik,”kata Bupati.

2. Meningkatan kualitas SDM 
Pelayanan pendidikan dan kesehatan harus diutamakan. "SDM kita harus unggul, sehat dan bebas stunting agar mampu bersaing dengan daerah lain. Untuk itu saya minta kepada perangkat daerah, khususnya dijajaran pendidikan dan kesehatan agar lebih fokus dan berorientasi pada peningkatan kualitas SDM,”katanya.

3. Menjaga dan meningkatkan stabilitas ekonomi
Bupati mengatakan bahwa ekonomi dan kemiskinan adalah dua hal yang saling terkait. Pihaknya perlu mendorong pertumbuhan ekonomi di Kebumen. Caranya dengan investasi, penciptaan lapangan kerja yang pada akhirnya akan mampu memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat.

4. Pemantapan dan pengembangan infrastruktur.
Bupati turut prihatin dengan kondisi infrastruktur karena masih banyak jalan rusak. Untuk itu, Pemkab terus mengupayakan adanya dukungan dari Pemerintah Pusat maupun provinsi agar dapat membantu penanganan infrastruktur di Kebumen.

"Pembangunan infrastruktur akan kita arahkan pada konektivitas antar wilayah strategis, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus mengentaskan kemiskinan. Di tengah keterbatasan anggaran APBD, pemerintah terus mengusulkan bantuan pusat dan daerah,”katanya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut