get app
inews
Aa Read Next : Doa Awal Puasa Ramadhan 1445 H Lengkap Beserta Artinya

Mengenal Kraca, Kudapan Asal Banyumas yang Selalu Hadir dan Laris di Bulan Ramadhan

Minggu, 09 April 2023 | 20:55 WIB
header img
Olahan keong sawah atau 'kraca' menu incaran warga Banyumas untuk berbuka puasa. (Foto: Agustinus Yoga Primantoro)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Salah satu makanan khas warga Kabupaten Banyumas di bulan Ramadhan adalah olahan keong sawah atau 'Kraca'. Kudapan asal Banyumas ini selalu hadir di tiap sudut kota Purwokerto sebagai menu buka puasa.

Kraca sendiri merupakan olahan keong sawah yang dimasak dengan bumbu hingga memiliki rasa yang sedap dengan cita rasa relatif pedas. Salah satu penjual yang setiap harinya selalu menyajikan menu Kraca di Purwokerto adalah warung Bu Lani, bertempat di Jalan Kauman Lama, Kecamatan Purwokerto Timur, Banyumas, ia sudah berjualan kraca sejak tahun 1995.

Di Purwokerto sendiri terdapat tiga tempat penjual kraca yang sudah dikenal banyak orang, yakni di Pusat Kuliner Pereng, Kraca Keong Bu Makmoer, tepatnya berada di Jalan Bobosan, RT 06/RW 01, Karangjambu, Purwanegara, dan Kedai Keong Bu Lani.

iNews Purwokerto berkesempatan melihat proses pengolahan keong sawah atau Kraca di tempat usaha milik Hamlani (63) hingga dapat disajikan sebagai menu buka puasa warga Banyumas .

Untuk proses pengolahannya sendiri dari mulai bahan mentah hingga menjadi masakan siap saji, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Diawali dengan mencuci kraca, kemudian melubangi cangkang agar saat direndam kotoran yang berada dalam kraca keluar dan menjadi bersih. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut